Desak PSSI Akui Persebaya, Bonek Terus Berdatangan

Suporter Persebaya Surabaya atau Bonek tiba di Jakarta.
Suporter Persebaya Surabaya atau Bonek tiba di Jakarta.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id - Pendukung tim sepak bola Persebaya Surabaya yang dikenal dengan Bonek (Bondo Nekat) datang ke Jakarta untuk menggelar aksi unjuk rasa menuntut kesebelasan mereka diakui melalui Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Sejak malam, ratusan suporter ini sudah datang melalui Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Mereka datang secara bertahap. Sejak pukul 22.00 WIB, pukul 02.00 WIB, pukul 04.00 WIB, dan yang terakhir sekira pukul 10.00 WIB, Selasa, 2 Agustus 2016. Jumlah mereka dipastikan akan bertambah lagi, karena ratusan Bonek masih dalam perjalanan menuju Jakarta.

Begitu tiba, mereka langsung menyanyikan lagu Bonek Mania. Mereka memastikan akan melakukan protes selama pelaksanaan KLB berlangsung. Mereka akan bertahan sampai PSSI mengakui Persebaya agar dapat mengikuti kompetisi.

"Kami ini Bonek Mania. Kami selalu dukung Persebaya, di mana kau berada di situ kami ada, karena kami Bonek Mania. Kami tidak akan pulang sebelum PSSI mengakui Persebaya," teriak para suporter.

Dari data yang berhasil dihimpun, jumlah mereka yang tiba pada Senin malam sekira 180 orang. Sementara itu, yang baru tiba pagi ini sekitar 465 orang. Guna mengantisipasi keributan, pengamanan akan dilakukan hingga ratusan Bonek ini kembali ke Surabaya.

"Mereka yang tiba semalam sudah dibawa menuju Stadion Tugu, Jakarta Utara. Yang sekarang tiba, juga akan diarahkan ke sana. Ratusan personel pengamanan dari polda, polres, dan polsek. Saat ini, petugas akan mengawal suporter Bonek ini menuju Stadion Tugu," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Polisi Suyatno pada VIVA.vo.id, Selasa, 2 Agustus 2016.

Bonek, mulai berdatangan ke Jakarta dari Surabaya sejak Senin, 1 Agustus 2016. Mereka ke Jakarta untuk berunjuk rasa ke kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Massa bonek juga akan mendatangi lokasi Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara.