Ahok: Jakarta Tak Kalah dari London

Bus Tingkat Pariwisata Resmi Mengaspal di Jalan Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima sumbangan satu unit bus tingkat dari PT. Bank CIMB Niaga, TBK.  Bus tingkat sumbangan tersebut bermerek MAN, berkapasitas 75 tempat duduk dengan 61 tempat duduk di lantai atas dan 14 tempat duduk di lantai bawah.

Presiden Direktur PT. CIMB Niaga, Tigor Siahaan mengatakan, bantuan satu unit bus tingkat ini untuk mendukung penggunaan angkutan umum di DKI Jakarta.

"Rencananya akan ada dua unit yang akan diberikan. Bantuan ini untuk mendukung peningkatan sektor pariwisata dan mendukung layanan transportasi umum," katanya di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 7 Agustus 2016.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, hingga akhir tahun ini direncanakan akan ada sebanyak 40 bus tingkat di Jakarta. Jumlah tersebut menurutnya akan didapat dari para pengusaha dan juga pihak swasta yang ada di Jakarta.

"Nanti banyak dari macam-macam, ada dari bank, dari perusahaan lainnya. Yang penting bagi saya merknya mesti mendunia. Harus yang top, kalau enggak dari Jerman, minimal Eropa lah," ujar Gubernur yang akrab disapa Ahok tersebut di kesempatan yang sama.

Menurut Ahok, layanan bus tingkat ini akan dapat digunakan secara gratis. karena bertujuan agar masyarakat dan wisatawan bisa menikmati Jakarta.

"Harapan saya kalau di Jakarta enggak kalah sama di London yang juga punya bus tingkat, jadi orang luar negeri berwisata juga nyaman," kata dia.

Sejumlah fasilitas yang dilengkapi dalam bus tingkat wisata ini sendiri adalah audio yang menjelaskan background yang disinggahi, booklet gratis bagi penumpang dan dilengkapi Videotron di kaca belakang. Bus ini akan dioperasikan ke 3 rute layanan wisata yaitu History of Jakarta, Art and Culinary dan Jakarta Modern.

Jumlah tempat duduk di bus tingkat ini ada sebanyak 76 tempat duduk. Jumlahnya lebih banyak daripada bus serupa yang sudah diluncurkan yang ada 64 tempat duduk saja.

Saat ini sudah ada 14 unit armada bus wisata yang telah dimiliki Transjakarta. 9 di antaranya merupakan hibah dari sejumlah perusahaan di Jakarta.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

(mus)

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016