Menko Luhut Berencana Kunjungi Reklamasi Pulau G

Menko Polhukam Luhut Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Anies akan Revisi Raperda tentang Zonasi Pulau Reklamasi
- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan niatnya berkunjung ke salah satu proyek pulau reklamasi di Teluk Utara Jakarta, usai 17 Agustus 2016 mendatang.

"Tunggu datanya lengkap dulu baru kunjungi. Kalau datanya tidak lengkap, lihatnya tidak lengkap. Setelah 17 Agustus kita lihat Pulau G. Tapi, Pulau G tidak prioritas," ujar Luhut di kantornya, Jalan MH Thamrin 8, Jakarta Pusat, Selasa 9 Agustus 2016.

Ahok dan Ariesman Menang Banding, ini Reaksi Pemerintah

Untuk itu kata Luhut, Senin 15 Agustus mendatang, ia akan mengundang seluruh pihak-pihak terkait ke kantornya, guna membahas kelanjutan proyek reklamasi yang saat ini sedang dihentikan tersebut.

"Lagi kita teliti (pulau G), kemarin rapat lengkap. Senin rapat lagi, kita mau exercise, orang PLN, pengembang dan kemudian yang punya pipa. Soal lain pelajarin legalnya, salahnya di mana, mereka lagi pelajarin, kami duduk lagi dengan menteri-menteri terkait," ujar Luhut.

Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta Akan Lawan Vonis PTTUN

Seperti diketahui, reklamasi Pulau G dihentikan Menko Kemaritiman sebelumnya, Rizal Ramli. Lalu, perseteruan muncul antara Rizal Ramli dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ahok mempermasalahkan penghentian reklamasi yang hanya dilakukan secara lisan. Ia meminta penghentian reklamasi oleh pemerintah pusat diputuskan secara tertulis.

Ahok bahkan sampai menyurati Presiden Joko Widodo terkait hal ini. Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut akan segera diadakan rapat terbatas untuk membahas surat dari Ahok itu.

Belakangan, setelah Rizal dicopot, diketahui bahwa rekomendasi yang dibuat Komite Bersama Reklamasi Pantai Utara Jakarta ternyata tidak menyatakan adanya penghentian kegiatan reklmasi Pulau G di Teluk Jakarta.

Ada perbedaan antara rekomendasi yang tertuang dalam dokumen dengan yang pernah disampaikan Rizal ketika masih menjabat sebagai Menko Kemaritiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya