Peringati Perjanjian New York, Mahasiswa Papua Diamankan

Polisi amankan mahasiswa papua demo tanpa izin, di Jakarta, Senin, 15 Agustus 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengamankan setidaknya 20 orang mahasiswa asal Papua, di depan Istana Negara, Senin, 15 Agustus 2016. Mereka diamankan lantaran memaksa melakukan demonstrasi terkait peringatan New York Agreement.

Lalai dalam Melindungi Siswa, Sekolah Kinderfield Primary Simprug Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

New York Agreement yang ditandatangani pada 15 Agustus 1962 itu merupakan cikal bakal Papua ke Indonesia.

"Ada 20 orang yang kami amankan karena akan demo di Istana Negara sedangkan mereka tidak memiliki izin," kata Kasubdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Hendy F Kurniawan kepada VIVA.co.id, Senin 15 Agustus 2016.

Tersangka Pembunuhan Sempat Salah Beli Koper Buat Masukkan Jasad Wanita yang Dibuang di Cikarang

Usai diamankan, kata Hendy, pihaknya melakukan pendataan secara persuasif. Polisi juga berkoordinasi dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) untuk memulangkan mereka.

"Sekitar pukul 13.30 WIB sudah kami pulangkan. Kami kawal sampai depan Polda sesuai permintaan mereka, dan mereka janji kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Polisi Sebut Jasad Wanita Dalam Koper di Cikarang Tidak Dimutilasi

Seperti diketahui, Perjanjian New York merupakan sebuah perjanjian yang diprakarsai oleh Amerika Serikat pada 15 Agustus 1962. Perjanjian itu dibuat untuk pemindahan kekuasaan atas Papua Barat dari Belanda ke Indonesia.

Perjanjian itu berisi penyerahan Papua bagian barat dari Belanda, melalui United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA).

Pelaku pembunuhan mayat wanita dalam koper di Cikarang, Bekasi (topi tengah)

Terpopuler: Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Harta Pj Gubernur DKI hingga Nomor Tilang Elektronik

Berita tentang rencana Prabowo untuk melibatkan Megawati dalam menyusun kabinet pemerintahannya juga menarik banyak perhatian pembaca VIVA.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024