Cegah Macet Panjang, Polda Metro Koordinasi Polda Jabar

Ilustrasi macet mudik.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Kepadatan arus kendaraan diperkirakan akan terjadi pada jalur-jalur keluar Jakarta menjelang libur panjang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah yang jatuh pada Senin, 12 September 2016. Masyarakat diprediksi akan berangkat liburan maupun mudik ke sejumlah daerah di luar ibu kota, mulai Jumat, 9 September 2016.

Arus Balik Libur Idul Adha Terpantau Lancar

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat (Jabar) agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dari Jakarta yang akan keluar ke Jawa Barat. Dengan adanya koordinasi tersebut, dia berharap tidak terjadi penumpukan kendaraan seperti saat libur Idul Fitri 2016.

"Jangan sampai terjadi (seperti) pada saat operasi Ramadan menumpuk sepanjang 25 kilometer di tol Brexit. Tapi kalau Jawa Barat tidak terjadi penumpukan, setidak-tidaknya tidak akan terjadi kemacetan yang panjang dan stagnan," kata Moechgiyarto saat apel gelar pasukan di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 8 September 2016.

Puncak Arus Balik Diprediksi Selasa 13 September

Mengenai kemungkinan jalan tol digratiskan jika terjadi kemacetan panjang, Moechgiyarto mengatakan, hal itu menjadi salah satu opsi. Untuk itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Jasa Marga.

"Kami minta nanti kalau kemacetan panjangnya sekitar lima kilometer akan kami bebaskan biaya masuk tol. Kami akan berusaha koordinasi dengan pihak Jasa Marga," ujarnya.

17 Ribu Pemudik Siap Berangkat dari Stasiun Pasar Senen
Petugas memasang pembatas jalan di gerbang tol Brebes Timur

Mudik Idul Adha di Luar Prediksi

Mudik Idul Adha sudah diantisipasi pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2016