DKI dan Bangka Barat Kerja Sama Pembibitan Sapi

DKI dan Bangka Barat kerja sama pengemukan sapi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat menjalin kerja sama terkait pembibitan dan penggemukan sapi. Hal itu untuk penyediaan daging sapi guna memenuhi kebutuhan kedua daerah.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengemukakan, kebutuhan konsumsi daging sapi terus meningkat tapi tidak diimbangi ketersediaan pasokan yang mencukupi.

"Kesepakatan ini bertujuan agar dapat terwujudnya ketersediaan sapi siap potong untuk DKI Jakarta dan Bangka Barat," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 8 September 2016.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Nantinya, DKI Jakarta akan menyediakan bibit sapi, sementara Bangka Barat akan mengurusi soal penggemukan. "Ini kombinasi, gimana peternak tidak rugi, dan rakyat belinya tidak mahal," ujarnya menambahkan.

Bupati Bangka Barat, Parhan Ali menambahkan, kerja sama ini meliputi pembangunan pusat pembibitan ternak sapi, penggemukan ternak sapi, penyediaan hijauan makanan ternak, penyediaan bibit sapi, dan infrastruktur fasilitas ternak sapi.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

"Jarak pulau Bangka dan DKI ini dapat ditempuh hanya 50 menit dengan pesawat. Ini memudahkan kami  mengembangkan peternakan sapi," katanya.

Kesepakatan ini akan berlaku selama 12 bulan dan akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya