DKI Siapkan Kapal Khusus Barang untuk Kepulauan Seribu

Basuki Tjahaja Purnama saat mengunjungi Kepulauan Seribu, Selasa, 27 September 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, berjanji menyediakan sarana transportasi murah untuk warga Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 46 –  yang diresmikan Ahok, sapaan akrab Basuki, pada Januari 2016 – telah memenuhi kebutuhan angkutan para warga setempat.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Akan ada lagi kapal yang juga dinamai Sabuk Nusantara dan baru beroperasi mulai November 2016, namun khusus untuk angkutan barang. Pengoperasiannya bertujuan meningkatkan perekonomian di Kepulauan Seribu, yang letaknya di perairan sebelah utara Jakarta.

"Saya pingin tiap pagi (kapal) ke (daratan) Jakarta, bawa barang murah, bawa satu ton, mungkin tarifnya hanya Rp5.000," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Pulau Pramuka, Selasa 27 September 2016.

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Ahok mengatakan hal itu saat berdiskusi dengan para warga Kepulauan Seribu.

Menurut Ahok, ide ini didapatnya berdasarkan pengalaman di kampung halamannya di Belitung Timur. Kabupaten-pulau di Provinsi Bangka Belitung itu terpisah dari pusat ekonomi provinsinya. Komoditas pisang yang menjadi salah satu andalan produk pangan di Belitung Timur kerap membusuk sebelum dapat dijual.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

"Teman saya punya pisang sampai busuk. Sayang itu pisang," ujar Ahok.

Ahok mengatakan, hal serupa tidak bisa ditolerir jika terjadi di wilayah Jakarta, yang berstatus ibu kota negara. Ahok yakin adanya KM Sabuk Nusantara kedua akan meniadakan kesenjangan ekonomi antara Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu dan wilayah daratan Jakarta.

"Bayangkan orang Kepulauan Seribu menjadi lebih dekat dengan Jakarta," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya