Semua Kapal dan Pabrik Mogok, Muara Baru Mirip 'Kota Hantu'

Pelabuhan Muara Baru, sepi ditinggal demo.
Sumber :
  • Viva.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id –  Pasar ikan dan pelelangan ikan, yang terletak di samping Polsek Muara Baru – yang biasanya dipenuhi aktivitas jual beli dan lelang ikan – hari ini kosong dan gelap. Tak ada sama sekali alktivitas dan warga yang berada di pasar ikan tersbeut. Hanya satu atau dua abk yang membereskan barang barangnya

Klarifikasi Tetangga soal Kasus Ayah di Muara Baru Banting Anak hingga Tewas

Menurut pantauan VIVA.co.id, situasi dan suasana pelabuhan Muara Baru pun sangat sepi dan nyaris kosong tanpa aktivitas. Bak kota mati, jalanan dermaga yang biasanya penuh sesak dengan truk dan kendaraan pengangkut hasil tangkapan kapal sama sekali tidak ada. Ratusan kapal ikan dan nelayan juga terparkir dalam keadaan kosong tanpa aktivitas.

Hanya ada sebagian kecil ABK yang masih tinggal di kapal untuk menunggui kapalnya. Sisanya, menyebar mencari penghasilan harian karena aksi mogok maka mereka tak mendapat bayaran. "Pada ngojek mas mungkin, kalau lagi stop operasional gini ya semua tutup" ujar Ridho, seorang ABK.

Ayah di Muara Baru Jakut Tega Banting Anak Kandungnya hingga Tewas

Seluruh gerbang dan pintu gudang cold storage dan pabrik pengolahan ikan juga  kosong dan tertutup. Hanya ada jejeran spanduk yang bertuliskan "Kami Stop Oprerasional" yang ditempel di masing masing pintu. Tak jarang, satu atau dua karyawan yang tak mengetahui aksi mogok terkecoh, mereka datang untuk bekerja namun ternyata tutup.

Kawasan Muara Baru  saat ini masih diboikot dengan aksi mogok operasional seluruh pabrik dan aktivitas bongkar muat kapal perikanan. Aksi ini berjalan hingga satu bulan kedepan akibat adanya ketidaksepakatan antara paguyuban pengusaha perikanan dengan perum Perindo yang memutuskan untuk menaikan sewa lahan, dari Rp230 juta per tahun menjadi Rp1,5 miliar pertahun, belum lagi pemangkasan batas waktu sewa tahunan.

Gibran Blusukan ke Pasar Ikan Muara Baru, Para Nelayan Deklarasikan Dukungan

(ren)

2 Kapal Terbakar di Muara Baru

Penampakan 2 Kapal Terbakar Hebat di Pelabuhan Muara Baru

Viral di media sosial dua kapal motor punya nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, dilalap si jago merah.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024