Jessica Akan Ungkap Hal-hal Baru Saat Bacakan Duplik

Terdakwa Jessica Kumala Wongso
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Ketua tim penasihat hukum terdakwa Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, mengatakan bahwa kliennya akan mengungkapkan hal-hal baru dalam duplik (jawaban atas replik jaksa) yang dibuatnya dalam sidang ke-31 perkara kematian Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Otto Hasibuan Bakal Daftarkan PK Jessica Wongso Tahun Depan

"Jessica akan mengungkapkan hal-hal baru dan apa yang diminta majelis hakim di sidang terakhir (sidang ke-30). Hakim Partahi bilang, 'tolong Jessica, apa yang kamu ketahui sekecil apapun beritahu kami’," ujar Otto, Kamis, 20 Oktober 2016.

Sementara itu, terkait duplik yang dibuat penasihat hukum, Otto menuturkan, mereka melampirkan email yang mereka terima dari banyak orang tak dikenal baik di Indonesia, maupun di luar negeri yang berisi dukungan terhadap Jessica.

Otto Hasibuan Bakal Lapor Bareskrim soal Dugaan CCTV Kasus Jessica Wongso Dihilangkan

"Kami akan lampirkan ribuan email yang kami terima. Puluhan ribu email saya terima dari sidang pertama ini, pas pertama menghujat saya, pas sidang ke-17 malah berbalik mendukung. Nah ini saya tidak tahu maksudnya. Itu sebagai bukti bahwa semua rakyat Indonesia mendukung dan tak percaya Jess membunuh," kata dia.

Bahkan, surat elektronik yang diterima pihaknya itu juga berbentuk pleidoi (nota pembelaan) dan duplik versi pengirim untuk membela kliennya.

Otto Hasibuan Mau Ajukan PK Kasus Jessica Wongso, Ini Pesan Edi Darmawan

"Saya akan lampirkan itu semua email, luar biasa banyak yang membuat pleidoi dan duplik versi mereka. Karena saya tidak mungkin memasukkan dalam duplik saya, nanti saya lampirkan. Biar hakim juga bisa membaca, karena di sana itu yang memberikan pleidoi versi mereka itu ada ahli racun, doktor lulusan Jerman, ada juga para mahasiswa," tuturnya.

Lantaran banyaknya surat elektronik yang diterima, ia pun tidak melampirkan semuanya ke dalam duplik yang disusun. Selain ada yang membuat pleidoi dan duplik versi mereka untuk terdakwa Jessica, Otto mengaku, bahkan ada juga surat elektronik yang menyarankannya untuk mencari teori-teori yang bisa digunakan nantinya dalam persidangan.

"Ada juga yang memberitahu saya harusnya kayak begini, bukunya yang ini, hingga saya buka kartu ya, itu teorinya Coleman dari Jerman diberikan seorang ahli kepada saya lewat email. Saya tidak tahu ini tadinya, tolong dicari bukunya. Begitu besar perhatian masyarakat yang ingin membebaskan Jessica dari tragedi ini," kata Otto.

Lihat rekaman 'Ini Penampakan Sel Mewah Jessica' atau klik link.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya