Pengamanan Berlapis di PN Jakpus Jelang Vonis Jessica

Situasi pengamanan di PN Jakarta Pusat jelang vonis Jessica Kumala Wongso
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Menjelang sidang vonis hakim atas Jessica Kumala Wongso, jalanan di depan gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat – tepatnya di Jalan Bungur Besar, Kemayoran, Jakarta Pusat, – sejak Kamis pagi ini sudah macet. Kepadatan kendaraan tersebut dikarenakan banyaknya mobil polisi dan pengunjung.

Otto Hasibuan Bakal Daftarkan PK Jessica Wongso Tahun Depan

Pantauan VIVA.co.id, Kamis, 27 Oktober 2016, macet yang awalnya parah dikit demi sedikit mulai terurai karena  Polres Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya aktif mengatur lalu lintas. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, mobil Barracuda dan water canon juga diparkir didepan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Ratusan polisi juga berjaga di depan lobby gedung terlihat membuat pagar betis di pintu masuk dan keluar lobby. Setiap pengunjung diperiksa barang bawaannya menggunakan xray . Diketahui, Polda Metro Jaya mengerahkan hampir 500 personel untuk pengamanan sidang vonis Jessica hari ini.

Otto Hasibuan Bakal Lapor Bareskrim soal Dugaan CCTV Kasus Jessica Wongso Dihilangkan

Sampai pukul 10.30, sidang belum dimulai. Pengunjung masih berkumpul di depan ruang sidang karena pintu ruang sidang masih belum dibuka.

Kapolsek Metro Kemayoran, Komisaris Polisi Adri Desas Furyanto, mengatakan, pengamanan polisi yang sangat banyak itu untuk melokalisir massa simpatisan baik dari kubu Jessica dan Mirna.

Otto Hasibuan Mau Ajukan PK Kasus Jessica Wongso, Ini Pesan Edi Darmawan

Ia menyebut,pengamanan dilakukan dengan membuat tiga ring. Ring pertama dilakukan di dalam ruang sidang. Selain itu, pintu masuk pun dibedakan bagi simpatisan Mirna, juga simpatisan terdakwa Jessica Kumala Wongso.

Pengamanan untuk ring dua, kata dia dilakukan di bagian lobi Pengadilan. Simpatisan kedua belah pihak yang tidak dapat memasuki ruang sidang akan diarahkan di lobi itu.

Sedangkan untuk pengamanan ring tiga dilakukan di luar pengadilan. Dari pantauan, selain dijaga ratusan polisi. Terdapat pula sebuah mobil water canon dan Barracuda diturunkan di lokasi.

"Kita sudah diperintahkan oleh hakim untuk mengamankan sidang putusan Jessica," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya