Revitalisasi Pasar Jadi Program Unggulan Anies Baswedan

Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat kampanye hari pertama
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id  – Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan , menyatakan revitalisasi pasar tradisional di Jakarta adalah salah satu program kerja yang akan dilakukan jika ia percaya jadi gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Anies Sebut Ditinggal Wakilnya Saat Jabat Gubernur DKI Jakarta: Saya Jadi Jomblo

Menurut Anies , para pedagang di pasar tradisional masih mengajukan sistem sewa tahunan yang diberlakukan oleh PD Pasar Jaya kepada para pedagang. Padahal sejak dulu pedagang lebih senang dengan konsep pinjam pakai dengan sewa,

“Mereka lebih menginginkan polanya pinjam pakai karena dengan begitu mereka bisa jangka panjang, kalau sewa tahunan harganya mahal," kata Anies usai menyapa para pedagang di Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Oktober 2016.

Bungkam Fadli Zon, Jubir PKS: Anies Tepati Janjinya Tak Maju Jadi Capres 2019 Walau Digoda Prabowo

Selain itu, lanjut Anies, dekatnya letak atau posisi pasar tradisional dengan minimarket yang buka 24 jam juga menjadi keluhan para pedagang. Tidak hanya itu, menurut mantan Menteri Pendidikan itu, fasilitas lahan parkir dan fasilitas dalam pasar juga masih harus dibenahi. Keluhan yang disampaikan pedagang dan pembeli juga umum sama, yaitu kenyamanan dan kebersihan pasar.

"Itulah sebabnya mengapa program kita revitalisasi pasar. kalau kita nanti memimpin Jakarta salah satu hal pertama adalah memperbaiki pasar-pasar dengan membuat nyaman dan akses yang lebih mudah," ujarnya.

Terpopuler: Cukai Bikin Harga Rokok Naik hingga Prabu Revolusi Dipecat TPN Ganjar-Mahfud

Lebih jauh, selain itu ingin membuat pasar-pasar tradisional memiliki kenyamanan , Anies menegaskan akan menjaga dan merawat pasar tradisional dari persaingan pasar-pasar modern seperti swalayan-swalayan yang menjamur di Jakarta.

Sebab, pasar tradisional adalah pusat kegiatan ekonomi nyata bagi masyarakat dan interaksi masyarakat di pasar tradisional adalah budaya masyarakat yang tetap harus dijaga.

Untuk diketahui, calon gubernur nomor urut 3, Anies Baswedan memilih kampanye di hari pertama ini dengan menyapa para pedagang dan pengunjung pasar tradisional. Pasar tradisional yang dikunjungi Anies hari ini adalah Pasar Tebet Barat dan Pasar PSPT Tebet Timur.

Dalam kampanye hari pertama, Anies berinteraksi langsung dengan sejumlah pedagang dan pengunjung pasar. bahkan kedatangan Anies tak luput dari perhatian masyarakat sekitar pasar yang foto bersama. 

 

Lihat video memukai Anies Baswedan di sini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya