Siskamling Bakal Diaktifkan Lagi Jelang Pilkada

Plt Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono mengungkapkan keinginannya untuk menghidupkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Khususnya di beberapa wilayah-wilayah rawan di Jakarta. 

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Menurut Soni, sapaan Sumarsono, sistem yang mengharuskan warga melakukan ronda malam di lingkungan rumahnya secara bergiliran, bisa dijadikan cara untuk meningkatkan keamanan di Jakarta menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

"Menjelang Pilkada dengan berbagai macam kerawanan, Siskamling dibutuhkan," ujar Soni di Balai Kota DKI, Senin, 14 November 2016.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Soni, yang menjadi kepala daerah di Jakarta selama 3,5 bulan, selama masa kampanye Pilkada DKI 2017 mengatakan, Siskamling juga bisa menjadi cara mengantisipasi munculnya gerakan radikal yang dikhawatirkan timbul di sejumlah wilayah.

"Siskamling untuk menciptakan Jakarta yang nyaman dan aman," ujar Soni.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Soni mengatakan, jika benar-benar dijalankan, Siskamling nantinya akan dilaksanakan setiap hari, tidak satu kali dalam satu pekan seperti dilaksanakan di beberapa wilayah Jakarta saat ini.

Menurut Soni, saat diterapkan, pelaksanaan Siskamling akan diawasi forum yang anggotanya lembaga pemerintah daerah, kepolisian, dan militer (Bintara Pembina Desa/Babinsa) setempat.

"Pelaksanaan Siskamling dipadukan dengan forum deteksi dini," ujar Soni yang juga menjabat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya