Program Djarot Atasi Kemiskinan di Ibu Kota

Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyebut masalah kemiskinan menjadi salah satu program prioritas untuk diselesaikan. Salah satu caranya, yaitu dengan memberdayakan masyarakat kurang mampu dengan memberi berbagai pelatihan.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Djarot mengatakan, pelatihan kepada masyarakat kurang mampu jauh lebih efektif dibanding bagi-bagi uang seperti program Bantuan Langsung Tunai (BLT) zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kami ada program padat karya, kita berikan pelatihan-pelatihan, termasuk juga bagi warga menengah ke bawah di rusunawa-rusunawa. Kemudian, kita membantu dengan Bank DKI, kita melakukan operasi pasar untuk menekan harga kebutuhan pokok," kata Djarot di Rumah Lembang, Jakarta, Selasa 22 November 2016.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Di samping itu, kata Djarot, pihaknya juga memberikan perlindungan berupa berbagai macam subsidi kepada warga kurang mampu seperti pembebasan biaya sekolah, transportasi gratis, dan membangun rusunawa. Dengan cara seperti itu, maka pengeluaran masyarakat dapat ditekan.

"Orang miskin di Jakarta itu 3,4 persen, cukup rendah. Yang menjadi persoalan di kita adalah memperpendek kesenjangan antara yang kaya dan miskin," katanya.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Selain itu, program 'jualan' Djarot lainnya, yaitu pemberdayaan transaksi non tunai, atau cashless melalui Kartu Jakarta One. Kartu itu bisa digunakan untuk mendapatkan fasilitas, atau pelayanan yg diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta maupun pemerintah pusat, dengan bekerja sama beberapa Bank BUMN dan swasta.

"Nanti, itu bisa untuk pembayaran PBB, SIM, dan lainnya. Sehingga, warga Jakarta tidak perlu banyak kartu," kata dia. (asp)

Anies Baswedan usai shalat jumat di Masjid Kubah Emas, Depok

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Anies Baswedan digadang-gadang bakal maju kembali pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali buka suara soal pengusungannya kepada Anies

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024