Demo 2 Desember, Sekitar 100 Ribu Buruh Akan Turun ke Jalan

Ketua KSPI, Said Iqbal saat konferensi pers soal demo buruh.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, sekitar 100 ribu buruh dari Jabodetabek, Karawang dan Purwakarta akan turun ke jalan pada 2 Desember 2016.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

"Data terakhir baru 50 ribuan orang (yang daftar ikut)," ujarnya di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa, 29 November 2016.

Buruh tetap akan turun ke jalan meski pada hari yang sama, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) juga melakukan aksi damai.

Buruh Tangerang Blokade Jalan Raya Serang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Said memastikan, para buruh juga tetap melakukan orasi di Istana Negara. Sebelum itu, mereka akan terlebih dulu melakukan long march dari titik kumpul mereka. "Aksi nanti di depan Istana Kepresidenan dengan titik kumpul jam 10.00 WIB di Balai Kota dan Patung Kuda," ujarnya.

Aksi serupa tidak hanya dilakukan di Jakarta. Aksi tersebut juga digelar di 19 provinsi lain, seperti Banten, Surabaya, Medan, Aceh, Batam, Lampung, hingga Papua.

Ribuan Buruh Demo Tolak UMK 2022, Akses Menuju Tol Cikupa Dialihkan

Sebelumnya, Said mengatakan, persoalan utama aksi buruh adalah menyuarakan agar PP 78/2015 tentang Pengupahan dicabut. Saat ini KSPI sedang melakukan judicial review terhadap PP 78/2015 di Mahkamah Konstitusi.

(mus)

Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022