Usai Aksi Kita Indonesia, Sampah Berserakan di Bundaran HI

Sampah berserakan di acara aksi Kita Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Aksi yang dinamakan Kita Indonesia digelar hari ini, Minggu, 4 Desember 2016, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Aksi yang diinisiasi oleh aliansi kebangsaan ini didukung oleh berbagai elemen kebangsaan, dan diikuti oleh ribuan massa pendukung.

Bukti Orang Indonesia Boros: 48 Juta Ton/Tahun Makanan Terbuang, Kerugian Rp 551 Triliun

Sayangnya, acara yang dimeriahkan dengan aksi parade budaya ini meninggalkan kesan tidak baik di mata masyarakat yang tengah menikmati Car Free Day.

Dari pantauan VIVA.co.id, sampah sisa kotak bekas makan dibiarkan menumpuk dan berserakan di sepanjang Bundaran HI. Para peserta parade juga terlihat acuh membuang sampah sembarangan.

Ketahanan Pangan Indonesia Masih Rendah, Kelola Makanan Berlebih Jangan Dibuang Sia-sia

Selain sampah bekas sisa makanan, juga terlihat beberapa atribut parade terinjak-injak oleh ribuan massa. Selain itu, beberapa peserta parade juga terlihat naik ke pot bunga untuk mengabadikan gambar.

Kondisi ini berbeda jauh dengan aksi 212 yang digelar dua hari lalu. Dalam aksi yang diikuti oleh jutaan orang itu, justru berjalan dengan tertib.

PPKM Level 2, Semarang Buka Opsi Bioskop dan CFD Kembali Dibuka

Para peserta aksi damai itu dengan sangat tertib memungut sampah yang ditemukan di jalan, dan dikumpulkan dalam kantong plastik yang dibawa oleh tiap peserta. (ase)

Ilustrasi sisa makanan (food waste).

Fakta Mengejutkan 'Food Waste' di Indonesia

Menurut Pendiri FoodCycle Indonesia Herman Andryanto, sepertiga dari makanan yang diproduksi untuk dikonsumsi manusia terbuang percuma. Ini fakta mengejutkan.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024