Blusukan Kampanye, Djarot Akan Evaluasi Kinerja Lurah

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • Viva.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta non aktif, Djarot Saiful Hidayat mengatakan aktivitas blusukannya saat kampanye sekaligus dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja lurah. Sebab di saat itu dia bisa menampung keluhan warga dan menilai kinerja birokrasi tanpa rekayasa.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Hal itu disampaikan Djarot karena mendapat banyak keluhan warga saat blusukan ke wilayah Tegal Alur, Jakarta Barat, Rabu 7 Desember 2016.

"Kalau dulu sebelum kami cuti ke manapun itu sudah dikondisikan, sekarang tidak bisa. Ini keuntungan kami cuti, sehingga kami bisa lihat langsung sambil mengevaluasi kinerja dari birokrasi," kata Djarot di lokasi.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Di tempat itu, warga mengadukan sejumlah persoalan seperti tali air yang tersumbat akibat banyak sampah. Warga telah mengadukan persoalan itu cukup lama kepada lurah, namun belum dikerjakan.

Djarot menilai lurah di wilayah itu jarang turun ke wilayahnya. Sehingga kurang tanggap mengatasi berbagai persoalan. Ketika aktif kembali pada Februari 2017 mendatang, dia berjanji akan mengevaluasi kinerja lurah maupun birokrat lainnya, berdasarkan pengaduan yang  diterima saat blusukan.

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

"Kan sebentar lagi ada penataan, penataan perangkat daerah, ini sebagai bahan evaluasi dan mereka tidak bisa mengelak kenapa karena saya tahu persis gitu. Nah ini keuntungannya blusukan," tuturnya.

Menurut Djarot, dia sengaja blusukan ke daerah-daerah yang cukup banyak memiliki persoalan. Dengan itu, perbaikan dapat dilakukan saat kembali aktif menjabat. "Apa yang masih belum beres dan tugas kami adalah me'manage'nya," ujarnya.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024