Pilkada Jakarta 2017

Janji Anies, Jadikan Jakarta Kota Bebas dari Korupsi

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, sejak menjadi pimpinan Universitas Paramadina hingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dia selalu menanamkan jajarannya nilai-nilai anti korupsi. 

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Menurut Anies, masalah terbesar bangsa ini adalah lemahnya integritas, baik itu dari segi manusia atau pun sistem yang dibangung di tiap instansi. Bila terpilih, Anies berjanji akan membuat Jakarta sebagai kota bebas dari korupsi.

"Paramadina jadi universitas pertama di Indonesia dan dunia yang menjadikan mata kuliah anti korupsi sebagai mata kuliah wajib di seluruh mahasiswa. Sudah dikerjakan sejak 2008. Wajib. Artinya, jurusannya desain grafis pun harus mengambil mata kuliah anti korupsi. Karena kita ingin potong supply potensi koruptor," kata Anies di posko pemenangan Anies - Sandi, di Jalan Cicurug, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Desember 2016. 

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Untuk itu, jika terpilih jadi gubernur Jakarta, transparansi adalah hal pertama yang akan dia wujudkan. Hal ini untuk memastikan tata kelola pemerintah berjalan akuntabel dan transparan. 

Bahkan dia juga sedang merancang program aplikasi untuk mengetahui kinerja pemerintah secara keseluruhan, berdasarkan anggaran yang telah dipungut dari masyarakat.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

"Jangan anggap bereskan korupsi itu sekadar bentak-bentak, atau sekadar memastikan korupsi kecil-kecil hilang. Tapi yang harus dibereskan sistem," ujar Anies. 

Tidak hanya itu, dia pun berjanji akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah setiap tahunnya. Dengan demikian dia berharap, ada partisipasi publik terkait pengawasan pengelolaan anggaran.

"Jadi warga kelurahan kita tahu persis tahun ini akan dikerjakan apa. Kemudian kegiatan-kegiatan pemda semua anggarannya akan ada di sini, seperti kita melihat laporan keuangan pribadi," kata Anies. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya