Belum Ada Upaya Relokasi Makam Terjepit Pangeran Kuningan

Makam Pangeran Kuningan di Komplek Gedung Telkom Ladmark Tower.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA.co.id – Makam Pangeran Kuningan alias Pangeran Awwangga yang berada di kawasan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, menyisakan banyak cerita. Namun sayang, sejarahnya memudar dimakan zaman. Mirisnya, makam tokoh besar yang namanya dipakai sebagai kawasan bisnis Jakarta itu kini berkondisi memprihatinkan.

10 Tradisi Pemakaman Paling Nyeleneh di Dunia, Diikat di Pohon hingga Dimakan Burung

Baca: Makam 'Sempit' Pangeran Kuningan Terus Dikunjungi Peziarah

Menurut Ramdona, salah seorang petugas Kelurahan Kuningan Barat, Jakarta, pihaknya belum akan melakukan relokasi terhadap makam bersejarah itu, meski kondisinya kini nampak terjepit di antara dua gedung pencakar langit. Mengenai relokasi, Ramdona juga menyatakan hal itu bukanlah wewenang dari pihak kelurahan. Mereka justru takut di kemudian hari timbul gesekan atau polemik bila hal tersebut benar-benar terjadi.

Viral Video Jenazah Diarak Warga Menggunakan Motor Menuju Pemakaman

"Kita enggak berani memindahkan. Salah-salah nanti jadi masalah buat warga sekitar, lagi pula itu memang bukan wewenang kita," ujar Ramdona saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin 26 Desember 2016.

Makam Pangeran Kuningan di Komplek Gedung Telkom Ladmark Tower.

Geger Banyak Kuburan di Tengah Tol Nagrak Cibubur, Netizen: Serem Ya...

Makam Pangeran Kuningan terletak di antara gedung tinggi. Foto: VIVA.co.id/Bobby Agung.

Petugas kelurahan lainnya, Tri, menambahkan, pihak kelurahan memang tak mengupayakan pemindahan makam Pangeran Kuningan itu dilakukan. Sebab, hal rawan bisa saja terjadi. "Namanya sejarah kan bernilai dan takutnya kita ada salah. Belum ada upaya pemindahan, rawan kan," tutur Tri.

Makam Pangeran Kuningan di Komplek Gedung Telkom Ladmark Tower.

Makam Pangeran Kuningan terletak di antara gedung tinggi. Foto: VIVA.co.id/Bobby Agung.

Ditambakan Ramdona, dari sejarah yang tercatat, nama Kuningan saat ini memang berasal dari nama besarnya. "Pangeran Kuningan kan yang didedikasikan atas kawasan ini, makanya diberi nama itu. Semua wilayah, dari sini sampai ke atas sana, namanya Kuningan saja," kata Ramdona.

Soal sejarah, keduanya tak bisa menjelaskan secara terperinci. Karena, orang-orang yang lebih berkompeten menjelaskan makam itu kini telah tiada.

Baca juga: Miris, Makam Pangeran Kuningan 'Terjepit' Gedung Tinggi
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya