Nomor Buncit di Survei LSI, Anies: Menarik Ya

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Shintaloka Pradita Sicca.

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi hasil survei Lingkaran Survei Indonesia, atau LSI, yang dirilis pada hari ini.

Tutup Usia, Ini Profil M Taufik yang Sukses Menangkan Jokowi-Ahok Hingga Anies-Sandi

"Menarik ya. Saya juga dengar di jalan tadi. Menurut saya, itu menarik dan kita lihat saja nanti hasilnya," ujar Anies kepada media, saat melakukan kampanye di Sitrun RT 006 RW 010 Kelurahan Kebon Jeruk Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa 17 Januari 2017.

Baginya hasil survei dari lembaga mana pun terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah hal yang menarik. Tidak hanya dari data yang disuguhkan, namun lebih menarik lagi untuk memahami pihak yang terafiliasi atas hasil survei itu sendiri.

Petinggi PKS Sebut Peluang Anies-Sandiaga Duet di Pilpres 2024 Kecil

"Bukan hanya sumber datanya, tetapi juga sumber-sumber afiliasinya. Itu makanya perlu dicek," ucapnya.

Menurutnya, kebenaran data dan metode survei perlu dipastikan, karena jika ada afiliasi pihak tertentu, objektifitas kebenaran sering tidak berimbang.

Prabowo Bungkam soal Isi Perjanjian Anies-Sandiaga, Sufmi Dasco: Jangan Dijawab Pak!

"Kami sekarang jauh lebih optimis. Betul jauh lebih optimis. Justru, menurut saya survei ini muncul setelah debat. Kenapa ya, kira-kira?" ungkapnya.

Ia menilai, saat ini, pihaknya lebih optimistis dengan meyakini tren pemilihnya makin bertumbuh dan dirinya memang sedang gencar mengejar.

Dalam survei tersebut menunjukkan, tingkat elektabilitas pasangan Anies dan Sandiaga Uno, menempati posisi paling bawah dengan perolehan 21,4 persen responden. Bahkan, peneliti LSI pimpinan Denny JA menyebutkan, pasangan Anies-Sandi akan tersingkir di putaran pertama Pilkada jika nanti hasilnya sesuai dengan rilis survei tersebut.

Kemudian, pasangan cagub-cawagub nomor dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat memperoleh 32,6 persen responden.

Sementara itu, pasangan cagub-cawagub nomor satu, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, dirilis memiliki elektabilitas tertinggi, yaitu 36,7 persen.

Survei LSI terbaru ini dilakukan pada 5-11 Januari 2017, terhadap 880 responden dengan cara tatap muka menggunakan kuesioner, wawancara mendalam, dan FGD. Metode penelitian yang digunakan ialah multistage random sampling dengan margin of error plus minus 3,4 persen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya