Jakarta Harus Jadi Kota Layak Huni

Ketua Ikatan Ahli Perencana DKI Jakarta, Dhani Muttaqin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Jakarta sebagai kota yang sudah bisa disetarakan dengan kota-kota global lain di seluruh dunia, seperti Amstedam, Beijing, Brussel, dan Frankfurt, harus memiliki konsep ke depan dalam hal pengembangan tata ruangnya.

INFOGRAFIK: Selamat Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke-496

Ketua Ikatan Ahli Perencana DKI Jakarta, Dhani Muttaqin mengatakan, Jakarta harus berkonsep 'liveable city' atau kota layak huni, yang mengedepankan kolaborasi antar setiap elemen masyarakatnya.

"liveable city itu mendepankan desain transformatif, peremajaan eksisting kawasan kumuh, dan menciptakan pusat sub-center baru agar Jakarta punya kualitas hidup yang baik. Semua sistemnya harus bekerja baik dari sisi fisik, mental, sosial, dan aksesibilitas," kata Dhani dalam sebuah diskusi dengan tema 'Menggagas Jakarta Masa Depan', di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 27 Januari 2017.

Traveller, Ini Cara Mudah dan Hemat Berwisata di Kota Jakarta

Dhani menekankan, hal utama dari konsep kota liveable city bagi Jakarta itu, adalah agar bagaimana semua aspek masyarakat diajak berkolaborasi dan berperan aktif dalam pembangunan ibu kota. Pengembangan kota itu tidak boleh didominasi oleh pihak korporasi dan kapitalis, yang kerap membuat perencanaan sebuah tata ruang kota menjadi bias.

Dia menjelaskan, dominasi birokrasi pun harus dihindari, agar inovasi-inovasi penting bagi kemajuan kota, terutama dalam hal tata ruang, tidak dikebiri. Dhani menegaskan bahwa jangan sampai ada dominasi dari para pemimpin kota, baik gubernur maupun bupati, yang kebijakan dan kekuasaannya kerap menyerobot aturan-aturan prinsipil yang berkaitan dengan kepentingan warga.

Presiden Jokowi Mendadak Keluar Istana, Bikin Histeris Para Ibu

"Semuanya harus digeser ke arah 'society domination' (dominasi masyarakat), dimana peran serta ada di tangan masyarakat kota, yang memiliki kepentingan-kepentingan yang bersifat umum, terutama dari sisi warganya," ujarnya.

Ilustrasi Monas Jakarta

HUT ke-496, Ini Sejarah Jakarta dari Jayakarta, Batavia hingga jadi Ibu Kota

Hari ini adalah haru ulang tahun atau HUT Jakarta yang ke-496 dan selalu diperingati pada setiap tanggal 22 Juni. Pada kali ini akan dibahas tentang sejarah Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
22 Juni 2023