Relokasi Pasar Senen Ditargetkan Rampung Dua Bulan

Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Senen Berjualan di Pinggir Jalan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta kepada pengelola Pasar Senen untuk segera membangun kembali kios yang hangus terbakar di Blok I dan II.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tarif Tiket Kereta Api Usai Lebaran, Ini Daftarnya

Meski lokasi terbakar di kedua blok itu dikelola PT Pembangunan Jaya namun PD Pasar Jaya juga diminta membantu merehabilitasi Pasar Senen. Hal itu agar aktivitas Pasar Senen segera kembali. 

"Saya minta mereka komitmen dan kembalikan kejayaan (Pasar) Senen seperti masa lalu," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota, Senin, 30 Januari 2017. "Mereka kami minta untuk menyediakan relokasi untuk dua bulan ke depan paling lama."

Tembus 47 Ribu Penumpang, KAI Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai Hari Ini

Saat ini, sebagian pedagang yang direlokasi di Blok V, tempat penampungan sementara, tak terima bila ditempatkan di lantai lima dan enam. Sebab, fasilitas bagi para pembeli minim sehingga sulit menjangkau ke lantai itu. 

"Karena di blok lima itu, lantai satu dan dua bisa menampung 840 pedagang. Jadi sisa 400, sebagian nanti ada di lantai lima dan enam. Ini mereka kurang nyaman. Katanya kurang laku, jauh tidak ada eskalator dan sebagainya," ujarnya. 

Situasi Puncak Arus Mudik Stasiun Senen, 26.777 Orang Tinggalkan Jakarta

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin berjanji akan membantu PT Pembangunan Jaya untuk membangun kembali Pasar Senen. 

Sebagai pengelola yang sama di kawasan pasar itu, kata Arief, para pedagang di Blok III juga terkena imbas dari kebakaran itu. Akibatnya, pedagang di blok yang dikelola Pasar Jaya itu juga ikut keluar dari pasar dan berjualan di trotoar. 

"Jadi kalau soal penampungan dan relokasi memang PT Pembangunan Jaya yang membantu mengatur. Kami juga sama karena kami tetangga kami bantu," ujarnya. 

Pasar Senen terbakar, Kamis, 19 Januari 2017. Akibatnya, 1.633 kios hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya