Air di Masjid Istiqlal Habis Sejak Jumat Sore

Suasana massa di luar masjid Istiqlal pada aksi 112 beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Viva.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Saat menggelar Aksi 112 di Masjid Istiqlal hari ini, peserta aksi mendapatkan ujian berupa kurangnya air bersih untuk keperluan Mandi Cuci Kakus (MCK) maupun untuk berwudu.

Polisi Imbau Warga Datang Lebih Awal Jika Hendak Salat Id di Masjid Istiqlal

Dari pantauan VIVA.co.id di lokasi, baik tempat wudu di dalam Masjid Istiqlal dan toilet nampak kering air. Di toilet dekat tempat parkir juga ditulis “Mohon Maaf Air Mati.”

"Pak, maaf air mati. Silakan bawa air sendiri untuk BAK (Buang Air Kecil). Kalau mau BAB (Buang Air Besar), tidak bisa" ujar salah satu petugas penjaga toilet, Sabtu 11 Februari 2017.

Jadi Contoh Toleransi, Terowongan Penghubung Istiqlal dan Katedral Jadi Sorotan Dunia

Rudi melanjutkan, aliran air terhenti sejak selesai salat Jumat kemarin. "Dari Jumat sore sudah enggak mengalir. Bukan rusak sih, tapi karena airnya banyak yang pakai, jadi habis," katanya.

Para jemaah terpaksa berwudu menggunakan air mineral yang didistribusikan Posko Kebersihan dari Gemas (Gerakan Membersihkan Masjid).

Imam Besar Istiqlal Ucapkan Selamat kepada Prabowo jadi Presiden Terpilih

"Silakan bapak ibu yang belum wudu, ambil air mineral," kata petugas.

Untuk diketahui, aksi 112 adalah aksi keagamaan yang diselenggarakan oleh FUI (Forum Umat Islam). Dalam acara ini, sejumlah tokoh hadir di antaranya Agus Harimurti Yudhoyono, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Selain itu, hadir juga Hatta Rajasa, Hidayat Nur Wahid, Ustad Arifin Ilham, dan pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya