Warga Normalisasi Ciliwung Ditampung di Dua Rusun Baru

Ilustrasi Rusunawa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal merelokasi warga yang rumahnya berdiri di bantaran sungai Ciliwung ke rumah susun. Rusun tersebut berlokasi di Pasar Rumput dan Pasar Minggu, yang hingga kini masih dalam tahap pembangunanan dan ditargetkan rampung pada 2018. 

Normalisasi Kali Ciliwung, Pemprov DKI Anggarkan Rp469 Miliar untuk Pembebasan Lahan

"Kita salah satunya ngandelin yang di Pasar Rumput dan Pasar Minggu," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Rabu 1 Maret 2017. 

Ahok, demikian sapaan Gubernur, mengungkapkan bahwa kedua rusun baru itu mendapatkan fasilitas dan tipe bangunan yang sama dengan hunian-hunian vertikal yang telah dihuni oleh warga. Bangunan dengan luas tipe 36 itu seluas 6x6 meter persegi dan rencananya ditambah fasilitas lift

Jokowi Targetkan Normalisasi Ciliwung Rampung 2024: Setelah Berhenti Agak Lama

"Jadi Ciliwung itu kan sedang dilakukan normalisasi. Kami memang utamakan memindahkan orang yang ada di sungai. Pola normalisasi itu pindahkan warga ke rusun," kata dia. Saat ini, kata Ahok, program pengendalian banjir Pemprov DKI mesti masih harus memindahkan sebanyak 50 ribu warga untuk menempati rusun.

Seperti rusun Daan Mogot dan Penjaringan ditargetkan bisa secepatnya diselesaikan oleh pihak swasta dengan menggunakan kewajiban pengembang atas pengajuan kenaikan koefisien lantai bangunan.

Gaspol Normalisasi Sungai Ciliwung, Heru Budi Gandeng Kementerian ATR

"Tapi di tahun ini bisa selesai cepat. Penjaringan juga bisa selesai, Desember bisa selesai banyak," ujarnya. (ren)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan proses pembayaran pembebasan lahan proyek normalisasi Sungai Ciliwung kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024