Ahok: Banyak Penerima KJP Ikut Mendemo dan Tak Pilih Saya

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Sumber :
  • VIVA/Adin Lubis

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menganggap tudingan lawan politiknya yang mengarahkan adanya motif politik dalam pembagian Kartu Jakarta Pintar (KJP), tak masuk akal. 

INFOGRAFIK: Polemik KJP Plus dan KJMU Dicabut Sepihak

Sebagai buktinya, banyak warga penerima manfaat KJP di sejumlah wilayah tak memilihnya saat pemungutan suara di Pilkada DKI lalu. 

"Mereka yang terima KJP ikut demo, tidak pilih saya kok. Itu di Luar Batang, Pasar Ikan yang tinggal di Rusun semua anak terima KJP. Pilih saya tidak? Tidak tuh," kata Ahok di Balai Kota, Kamis 2 Maret 2017. 

Viral Antrean Panjang Masyarakat untuk Sembako KJP, Banyak yang Datang dari Subuh

Ahok menuturkan, alasan dibagikan KJP di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, sehingga menyebabkan ribuan masyarakat antre karena adanya keterlambatan pendistribusian KJP, yang lebih disebabkan adanya masalah saat proses lelang dilakukan. 

Akibatnya, pada pembagian yang rencananya dilakukan di akhir tahun 2016 itu, akhirnya 190 ribu warga Jakarta belum menerima kartu tersebut. Padahal saat itu, Ahok sedang menjalani masa kampanye.

Heru Budi Minta KJP Siswa yang Kedapatan Merokok Dicabut, Gerindra Tak Setuju

"Mesti kejar dong ketinggalan tahun lalu. Ini bukan barang baru. Ini yang tertunda di Desember dan Januari," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Wakil Ketua Tim Pemenangan Anies - Sandi, Muhammad Taufik menduga pembagian KJP yang disalurkan lewat Bank DKI di kantor pemerintah bermuatan politis.

Tudingan itu didasarkan bisa menguntungkan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat yang maju kembali di putaran dua. Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, pembagian di kantor pemerintah melanggar aturan. 

"Program rakyat kan ada aturannya. Sepanjang yang saya tahu, mana ada bank hari Minggu buka. Biasanya pencairan di sekolahan kok. Memang aneh-aneh menjelang Pilkada," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya