Kapolda: Massa Aksi 313 Dipusatkan di Bundaran Patung Kuda

Kawat berduri dipasang untuk menghalau Massa Aksi 313 menuju Istana Negara.
Sumber :
  • Irwandi

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan mengatakan massa peserta aksi 313 akan dipusatkan di kawasan Bundaran Patung Kuda, tepatnya di depan gedung Indosat. Alasannya, karena kawasan itu dinilai besar.

Kata Jusuf Kalla soal Vonis Dua Tahun Ahok

"Kalau di Patung Kuda kan lebih besar, kalau di sini cuma satu jalan, kasihan entar berdesakan," kata Iriawan saat ditemui di pos pengamanan Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat 31 Maret 2017.

Dijelaskan dia, lokasi titik aksi itu berjarak sekitar satu kilometer dari Istana Merdeka. Pasalnya, di depan Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat telah ditutup dan dipasang kawat berduri dan dijaga ketat aparat kepolisian.

Ahok Cabut Banding, Begini Respons PDIP

Dia menekankan pola pengamanan aksi 313 sama dengan aksi sebelumnya seperti 212 dan 411. "Pertimbangannya 212, 411 enggak masalah (titik aksi). Dari dua aksi itu kita lakukan hal yang sama," lanjut mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Iriawan menambahkan massa aksi akan berjalan kaki dari Masjid Istiqlal menuju Gambir dan belok ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan. Kemudian terakhir di titik Bundaran Patung Kuda.

Jaksa Kaji Ulang Upaya Banding Vonis Ahok

Masa aksi bela Islam 313 dilakukan untuk menuntut Presiden Joko Widodo agar memberhentikan terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. (hd)

Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath.

Sekjen FUI Al Khaththath Dibebaskan

Dia dibebaskan sementara karena penangguhan penahanannya diterima.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2017