Banyak Tokoh Siap Jaminkan Diri untuk Penangguhan Ahok

Aksi para pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Tugu Proklamasi Jakarta, Rabu malam (10/5/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut ada sejumlah tokoh lain yang juga ikut menjaminkan dirinya untuk meminta penangguhan penahanan terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

Beberapa tokoh itu di antaranya yakni Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Djan Faridz dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

"Yang saya tahu itu Pak Djan Faridz, Pak Prasetyo Edi," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu, 10 Mei 2017. "Banyak (tokoh) katanya."

Tok! Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara

Terkait dengan istri Ahok, Veronica Tan, juga akan mengikuti hal serupa, Djarot mengaku belum mengetahui. Menurut dia, baru orang-orang yang bersama dengannya saat menjenguk Ahok menyatakan ingin menjaminkan dirinya.

"Tidak tahu saya (Veronica Tan). Itu yang saya ketemu di rutan saja (Djan dan Prasetio)," ujar Djarot.

Gus Samsudin Terancam Dijerat Pasal Berlapis gegara Video Aliran Sesat Tukar Pasangan

Sebelumnya, Djarot juga mengungkapkan, dirinya siap dipenjara jika apabila dalam penangguhan tersebut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia meminta kepada Pengadilan Tinggi Jakarta untuk menjadikan Ahok tahanan luar lantaran percaya tidak akan menghilangkan barang bukti dan bersikap kooperatif selama mengajukan banding.

"Kalau sampai ada apa-apa, saya yang akan menjamin, jaminan itu menyeluruh. Termasuk jika terjadi apa-apa, saya yang gantikan dipenjara," kata Djarot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya