Soal Kriminalisai Ulama, Massa Akan Turun ke Jalan Siang Ini

Ilustrasi aksi damai umat Islam di Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Ketua Presidium Alumni 212 Ustaz Ansufri Idrus Sambo memastikan, akan menggelar aksi longmarch dari Masjid Sunda Kelapa menuju Komnas HAM, Jumat, 19 Mei 2017. Aksi longmarch tersebut sebagai wujud dukungan kepada Komnas HAM yang tengah melakukan investigasi soal dugaan kriminalisasi ulama

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Ia mengklaim ada ribuan orang yang akan terjun dalam aksi longmarch usai salat Jumat tersebut. "Insya Allah (jadi). Kami berharap ada sekitar 5.000 saja," kata Idrus saat dikonfirmasi, hari ini. 

Beberapa tokoh agama dan tokoh nasional diperkirakan ikut hadir untuk memberikan dukungan kepada Komnas HAM. "Selain tokoh-tokoh presidium Alumni 212 juga tokoh-tokoh HTI dan juga ormas-ormas lain yang kami undang," ujarnya.

Buruh Tangerang Blokade Jalan Raya Serang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Sebelumnya, sejumlah tokoh dari Presidium Alumni 212 melakukan audiensi dengan Komnas HAM di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Mei 2017. Pertemuan tersebut digelar untuk mendesak Komnas HAM agar segera menindaklanjuti sejumlah dugaan pelanggaran HAM terhadap para ulama dan aktivis yang aktif menyuarakan keadilan hukum, terkait kasus penistaan agama oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama.

Komnas HAM akan menindaklanjuti laporan dari Presidium Alumni 212 terkait kasus kriminalisasi terhadap ulama. Awal Mei ini, mereka sudah bergerak membuat tim investigasi. Mereka akan menggali informasi dari beberapa kalangan yang ada kaitannya dengan kasus tersebut. Jika benar terdapat pelanggaran HAM, Komnas akan melakukan tindakan lebih lanjut.

Ribuan Buruh Demo Tolak UMK 2022, Akses Menuju Tol Cikupa Dialihkan
Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022