Bangunan Liar di Kalijodo Dibongkar Sebelum Lebaran

Ilustrasi Satpol PP tengah membongkar bangunan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memastikan akan membongkar bangunan liar semi permanen di kawasan Kalijodo atau di bawah kolong tol Pluit, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, sebelum lebaran. 

Cerita Kompol Faruk Ciduk Pentolan Kalijodo Daeng Azis

"Insya Allah minggu depan (dibongkar), sebelum lebaran udah selesai," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Senin, 5 Juni 2017. 

Pekan lalu, menurut dia, aparat Satpol PP telah mencoba melakukan pembongkaran. Namun karena mendapat perlawanan, pembongkaran urung dilakukan. "Dari pada bentrok, bulan puasa tidak bagus, dikasih pemahaman," ujarnya. 

Tiba di Jakarta, Obor Asian Games Bakal Lewati Kalijodo 

Untuk pembongkaran minggu depan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meminta bantuan aparat Kepolisian.  "Kami koordinasi dengan Kepolisian untuk segera melakukan penertiban secara bersama-sama antara Kepolisian, Satpol PP dengan aparat terkait," katanya.

Sebelumnya, Djarot mengemukakan, bangunan liar yang berdiri di Jakarta tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Jika dibiarkan, bangunan-bangunan liar tersebut akan bertambah banyak dan akan susah untuk ditertibkan. "Jangan biarkan mereka terlalu lama di situ. Itu nanti akan berkembang biak, maka harus dibongkar," ujarnya, Rabu, 31 Mei 2017.

'Bos' Kalijodo Daeng Aziz, Jadi Bacaleg Gerindra

Setelah ditertibkan, menurut Djarot, pihaknya akan memagar lahan tersebut. Bahkan, lahan yang kosong itu juga akan ditanami dengan pepohonan agar bangunan liar tidak berdiri lagi. (mus)
 

Sejumlah warga dan petugas membereskan bedeng Kalijodo

Pemkot Jakbar Duga Penghuni Kolong Tol Angke Warga Gusuran Kalijodo

Viral di media sosial sebuah perkampungan yang berada di bawah kolong Tol Angke, Jakarta Barat dengan fasilitas lengkap. Bahkan ada aliran listrik.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2023