Pengangkatan Djarot Jadi Gubernur DKI Tunggu Keppres

Mendagri Tjahjo Kumolo tetapkan Djarot Saiful Hidayat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta, Selasa, 9 Mei 2017.
Sumber :
  • Eduward Ambarita - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan keputusan paripurna DPRD DKI, terkait mundurnya Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur DKI dan pengangkatan Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur definitif, kepada Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dengan begitu, tinggal menunggu keluar Keputusan Presiden (Keppres) untuk mensahkan Djarot sebagai gubernur DKI hingga Oktober 2017. 

Pelantikan Djarot akan dilakukan secepatnya dalam waktu beberapa hari ini. "Mungkin di sini (pelantikan di Istana). Kecuali ada pertimbangan lain yang menugaskan siapa untuk di Balai Kota," katanya, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 5 Juni 2017.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Saat ini, untuk pelantikan, masih menunggu waktu luang Presiden. "Melantik kan cepat hanya setengah jam selesai," kata Tjahjo.

Proses yang cepat memang harus dilakukan. Sebab, menurut Tjahjo, Djarot hanya memimpin DKI hingga Oktober 2017. Selain itu, Djarot juga hanya seorang diri tanpa wakil, untuk mempersiapkan peralihan ke Anies Baswedan.

Hakim Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi: Paling Penting Tuduhan Politisasi Bansos Tak Terbukti

Seperti diketahui, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengajukan pengunduran diri sebagai gubernur DKI. Hal itu dilakukan setelah dia divonis dua tahun penjara lantaran kasus dugaan penistaan agama.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas buka suara soal pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun soal status Presiden Jokowi dan Gibra

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024