RPTRA Kalijodo Ramai di Libur Lebaran

RPTRA Kalijodo
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Meskipun bukan sebuah lokasi tujuan wisata, namun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo menjadi salah satu lokasi yang ramai dikunjungi warga di hari libur lebaran 2017.

Pemkot Jakbar Duga Penghuni Kolong Tol Angke Warga Gusuran Kalijodo

Menurut Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, hal itu karena area RPTRA Kalijodo cukup luas dan memadai untuk menampung banyak orang. Kemudian, berbagai titik kegiatan juga tersedia seperti arena sepeda BMX, dan Skateboard. 

"Warga yang hobi BMX, Skateboard dan fotografi biasanya mengisi kegiatan di spot tempat tersebut," kata Sigit kepada VIVA.co.id, Rabu, 28 Juni 2017. 

Cerita Kompol Faruk Ciduk Pentolan Kalijodo Daeng Azis

Sigit mengatakan, tak hanya itu saja, RPTRA Kalijodo juga menjadi lokasi menyenangkan penggiat fotografi. Di area RPTRA Kalijodo cukup banyak titik-titik yang memiliki pemandangan bagus untuk dijadikan objek foto.

"Makanya ini juga jadi daya tarik tersendiri, kawasannya terbuka dan tidak dikenakan biaya apapun," ujarnya. 

Tiba di Jakarta, Obor Asian Games Bakal Lewati Kalijodo 

Untuk kemudahan akses transportasi, Pemerintah Provinsi DKI menyediakan bus tingkat wisata dari Kota Tua menuju RPTRA Kalijodo. 

RPTRA Kalijodo dibangun atas gagasan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Sebelum berbentuk seperti sekarang, kawasan ini terkenal dengan lokasi prostitusinya. 

Untuk membebaskan lahan hijau Kalijodo dari prostitusi liar bukan sebuah pekerjaan mudah, Pemprov DKI harus berhadapan dengan preman-preman yang menguasai lokasi itu untuk kepentingan bisnis pelacurannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya