Masih Ada 2,2 Juta Pemudik Belum Balik ke Jakarta

Pemudik kembali ke Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Satu pekan usai Hari Raya Idul Fitri, aktivitas Jakarta perlahan pulih. Jalanan kembali dipadati kendaraan setelah perkantoran beroperasi. Tapi, ternyata hingga hari ini, Selasa, 4 Juli 2017, belum semua warga Jakarta yang kembali dari kampung halamannya.

5 Negara Ini Rela Bayar Pendatang untuk Tinggal di Wilayahnya

Berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, warga Jakarta yang sudah kembali dari mudik hanya sebanyak 4,2 juta orang. Padahal, terdata ada sekitar 6,4 juta warga Jakarta yang meninggalkan ibu kota untuk bermudik.

Kepala Dinas Dukcapil DKI, Edison Sianturi mengatakan, masih ada 2,2 juta warga Jakarta yang belum kembali.

Intip Potret Liu Haocun, Putri Semata Wayang Jackie Chan di Film Ride On

"Jumlah yang mudik itu 6,4 juta orang, dan sekarang yang sudah balik itu sekitar 4,2 juta orang. Jadi yang belum balik ke Jakarta ada sekitar 2 juta lebih dari daerah," kata Edison di Balai Kota Jakarta.

Menurut Edison, jumlah warga yang bermudik dan datang bisa saja berubah. Karena, diprediksi cukup banyak pemudik yang membawa sanak saudara mereka ke Jakarta sebagai pendatang baru.

Zia, Solois Pendatang Baru Bersyukur Dapat Lagu Karya Melly Goeslaw

Meski demikian, DKI belum bisa memastikan berapa jumlah pendatang baru yang masuk ke Jakarta bersama kepulangan para pemudik.

Edison menuturkan, data faktual pendatang baru akan diketahui setelah pendataan dengan posko terpadu dan menyebarkan formulir ke RT/RW . Diperkirakan setelah H+14, jumlah pendatang baru akan terdata. 

"Nanti petugas Dukcapil akan ditugaskan untuk mendata di RT/RW," ujarnya. 

Para pendatang baru pun diimbau untuk menaati peraturan di ibu kota. Yaitu tidak mendirikan bangunan atau tempat tinggal di jalur hijau, kolong tol atau bantaran sungai. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya