Penghuni Rusun Menunggak Rp32 Miliar, Terbanyak di Marunda

Mobil-mobil milik penghuni Rusun Marunda, Jakarta Utara.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan, penunggak sewa rumah susun terbanyak berada di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Berdasarkan catatan, dari Rp32 miliar tunggakan sewa rusun, Rp10 miliar di antaranya merupakan tunggakan penghuni rusun-rusun di Jakarta Timur.

Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing Bakal Dipindah ke Rusunawa

Menurut Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban dan Peran Serta Masyarakat Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta, Meli Budiastuti, ada 13 rusun di Jakarta Timur yang penghuninya menunggak uang sewa. Dan yang terbanyak menunggak ialah penghuni di Rusun Marunda, Jakarta Utara.

"Tunggakan rusun terbanyak ada di lokasi yang jumlah unitnya paling banyak. Yaitu Rusunawa Marunda, ada 2.580 unit dan yang menunggak sebanyak 956 unit. Total tunggakan sampai dengan Juni 2017 sebesar Rp10 miliar," kata Meli, Kamis 3 Agustus 2017.

Government to Revitalize Marunda Flats After the Roof Collapsed

Meli menuturkan, penghuni di Rusun Marunda sebagian besar merupakan warga relokasi yang rumahnya terdampak penertiban.

"Terutama warga relokasi sebagian besar lulusan SMP dan SMA sehingga sulit mencari pekerjaan yang mempunyai penghasilan tetap di setiap bulannya," kata Meli. 

Atap Ambruk, Pemprov DKI Ungkap Rusun Marunda Blok C Sudah Tak Layak Huni

Sebagian besar penghuni tak membayar uang sewa dengan alasan tak memiliki uang karena gaji yang mereka dapatkan selama bekerja tak mencukupi.

"Rata-rata penghasilan warga rusun per bulannya masih di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) dikarenakan pekerjaannya yang nonformal," ujarnya.

Meli mengaku, Pemprov DKI sudah gencar memberikan solusi agar warga tak terbebani biaya sewa. Berdasarkan Instruksi Gubernur Nomor 131 tentang Optimalisasi Pengelolaan Rusun, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah diminta turut aktif melakukan pemberdayaan bagi penghuni Rusun. 

"Warga penghuni yang tidak mempunyai pekerjaan tetap atau para ibu RT yang produktif diberikan pelatihan-pelatihan keterampilan mulai dari yang praktis sampai dengan pelatihan bersertifikat yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan dinas lain seperti Dinas Perdagangan dan UMKM," ujarnya. 

Berikut daftar rusun penunggak uang sewa:

Jakarta Timur

1. Rusun Pinus Elok
2. Rusun Jatinegara Barat
3. Rusun Tipar Cakung
4. Rusun Cakung Barata
5. Rusun Jatinegara Kaum
6. Rusun Cipinang Besar Utara
7. Rusun Pulo Jahe
8. Rusun Rawa Bebek
9. Rusun Cipinang Muara
10. Rusun Cipinang Besar Selatan
11. Rusun Pondok Bambu
12. Rusun Pulo Gebang
13. Rusun Komarudin. 

Jakarta Utara 

1. Rusun Penjaringan
2. Rusun Muara Baru
3. Rusun Kapuk Muara 
4. Rusun Sukapura
5. Rusun Marunda

Jakarta Barat

1. Rusun Tambora.
2, Rusun Daan Mogot
3. Rusun Flamboyan

Jakarta Pusat 

1. Rusun Jatirawasari 
2. Rusun Karang Anyer
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya