Gubernur Djarot Belajar Kelola Trotoar dari Rusia

Penduduk di Kota Moskow, Rusia.
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Shemetov

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengaku jajarannya tengah belajar pengelolaan trotoar dari Kota Moskow. Trotoar yang luas dan nyaman di ibu kota Rusia itu diharapkan bisa diterapkan juga di Jakarta.

Ternyata Ahok Tak Pernah Pacaran, di Penjara Malah Cari Istri

Demikian ungkap Djarot terkait hasil kunjungan kerjanya dari Rusia. Saat ini, menurut Djarot, pemerintah Rusia tengah fokus membangun trotoar lebar yang terhubung dengan berbagai transportasi publik.

Hal itu dilakukan untuk kenyamanan pejalan kaki dan mendorong orang naik angkutan umum. "Sekarang Rusia gencar membangun trotoar untuk mendorong betul supaya warga naik transportasi publik," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017. 

Pamer Trotoar Baru Cikini, Warganet: Keren Pak Anies! 

Begitu juga di Jakarta, kata Djarot, saat ini dilakukan pelebaran beberapa trotoar di jalan protokol Ibukota. Hal tersebut diharapkan mendorong warga beralih ke transportasi publik, bukan malah trotoar dinaiki oleh sepeda motor.

"Jangan sampai motor nyasar menggunakan trotoar. Ini enggak benar, kan jalurnya pejalan kaki," ujar mantan Wali Kota Blitar itu.

Mantan Gubernur DKI Doakan Anies Dapat Wagub Tahun Ini

Selama di Rusia, Djarot bertemu Wali Kota Moskow, Sergey Sobyanin. Mereka menandatangani memorandum of understanding sister city, kerja sama bidang pariwisata dan pertukaran pelajar.

Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menggelar Bulan Tertib Trotoar di Jakarta. (ren)

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat

Mantan Gubernur DKI‎ Jadi Plt Ketua DPD PDIP Sumut

Djarot menggantikan Japorman Saragih.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020