Polisi: Ganjil Genap di Tol Cikampek Masih Wacana

Situasi arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA.co.id – Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto mengatakan, wacana pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di Tol Cikampek sempat dibahas dalam forum lalu lintas antarpemangku kepentingan.

53 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Melalu Tol Cikampek pada H-2 Natal

"Dalam rangka mengatasi kemacetan di Jakarta-Cikampek memang ada beberapa wacana tadi, yakni pembatasan mobil barang, angkutan umum termasuk wacana ganjil genap," kata Budiyanto ketika dihubungi, Rabu, 16 Agustus 2017.

Namun, Budiyanto menegaskan aturan tersebut belum final dan masih sebatas kajian dan wacana. "Tapi belum fix, masih wacana, itu baru konsep-konsep saja," ujarnya.

Tol Cikampek Macet Parah, Antrean Kendaraan Mengular hingga Belasan Kilometer

Mengenai mekanisme penerapan aturan ini, ia enggan berkomentar lebih jauh. Bahkan, ia pun meminta untuk menghubungi pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang melempar wacana tersebut. 

Jika nantinya jadi diterapkan aturan tersebut, ia belum bisa memastikan apakah akan efektif. "Kalau berbicara efektif atau tidak harus diuji coba dulu. Kalau sudah uji coba baru dievaluasi. Kemarin kan baru dilemparkan (wacana) saja," katanya.

Demoi Buruh di Cibitung Bekasi Picu Kemacetan Tol Jakarta Cikampek

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek sedang melakukan pengkajian penerapan aturan pembatasan kendaraan ganjil genap di ruas tol Cikampek, terutama di ruas jalan Tol Bekasi Barat-Cawang.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, pengkajian aturan tersebut untuk menekan jumlah kendaraan pribadi dan membuat masyarakat beralih ke transportasi umum.

"Kami push lagi kebijakan ganjil genap, kami terapkan di jalan tol sehingga pengendara pribadi pindah ke angkutan umum," kata Bambang kepada VIVA.co.id, Rabu 16 Agustus 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya