Gara-gara Ada Pemutihan, Pembayar Pajak Meningkat 100 Persen

Suasana di Kantor Pelayanan Samsat Bersama Jakarta Pusat dan Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Kebijakan pemutihan atau penghapusan denda bagi wajib pajak kendaraan bermotor yang digulirkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, benar-benar dimanfaatkan warga Jakarta untuk melunasi tunggakan pajak.

Asyik, Diskon Pajak Kendaraan di Wilayah Ini Masih Berlaku

Buktinya, selama kebijakan ini berjalan dari 17 Juli sampai saat ini, Dinas Pajak DKI mencatat, terjadi peningkatan pembayaran pajak kendaraan hingga dua kali lipat dari sebelum adanya pemutihan.

"Kalau dari sisi kendaraan terjadi peningkatan sampai 100 persen yang bayar pajak," kata koordinator Samsat Dinas Pajak DKI, Robert Tobing, Kamis 24 Agustus 2017. 

Daftar Pemutihan Pajak Mobil dan Motor Februari 2022

Kendati demikian, dari sisi nominal, kenaikan pembayaran pajak yang diterima hanya 25 persen. Menurut Robert hal itu karena pemutihan lebih banyak dimanfaatkan pemilik sepeda motor. 

"Lebih banyak sepeda motor. Karena yang lebih banyak menunggak sepeda motor sekitar 3,2 juta. Kalau mobil tidak terlalu banyak. Tapi secara kuantitas ada pertambahan," ujarnya. 

Daftar Pemutihan Pajak Kendaraan Januari 2022

Untuk itu, dia mengimbau pemilik kendaraan bermotor, baik mobil atau sepeda motor, yang masih menunggak pajak untuk segera melunasi. Sebab, lewat dari tanggal 31 Agustus 2017, denda pajak akan diberlakukan lagi. 

"Kita tetap imbau segeralah lunasi jelang 31 Agustus selama masih ada kesempatan pemutihan.” (mus)

Sopir Vanessa Angel, Tubagus Jody menjalani sidang perdana.

Video Kecelakaan Vanessa Angel, dan Diskon Pajak Kendaraan

Berita mengenai video kecelakaan Vanessa Angel dan diskon pajak kendaraan, jadi terpopuler di VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022