Analisa BMKG Soal Hujan Aneh Cuma Guyur Satu Rumah di Tebet

Hujan deras di Jakarta
Sumber :
  • Bimo Wiwoho

VIVA.co.id – Sebuah fenomena alam cukup aneh terjadi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Hujan hanya menguyur satu rumah saja. Dan turun di malam hari belum lama ini.

Hujan Deras, 10 RT dan 1 Ruas Jalan di Jakarta Barat Banjir

Video rekaman fenomena alam ini menjadi buah bibir setelah diunggah akun @febicil di Twitter pribadinya pada 26 Agustus 2017.

Dalam rekaman video berdurasi selama 15 detik itu, terlihat hujan hanya membasahi sebuah rumah besar di wilayah Tebet Barat Dalam atau tebat di belakang Hotel Ibis. Sementara rumah-rumah di samping dan depannya sama sekali tak tersentuh air hujan.

Ratusan Rumah di Pondok Pinang Terendam Banjir 1 Meter Lebih

Menanggapi fenomena alam ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, berdasarkan analisis radar cuaca BMKG, pada Sabtu 26 Agustus 2017 sekitar pukul 18.00-23.00 WIB, di lokasi turunnya hujan aneh ini tidak terdeteksi partikel yang diasumsikan sebagai hujan.

Namun menurut BMKG, fenomena hujan lokal seperti ini memang suatu yang lazim terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia.

Hujan Deras Sabtu Dini Hari di Ibu Kota Buat Jalan Tol Banjir

"Tapi dengan kasus tersebut yang areanya yang sempit sekali, sepertinya perlu diinvestigasi lebih lanjut tentang benarnya terdapat curah hujan di lokasi spesifik tersebut," kata Kepala Bidang Informasi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra, Selasa, 29 Agustus 2017.

Menurut Agie, secara fisis awan tidak memungkinkan adanya awan hujan dengan skala rumah. Kecuali, katanya hanya shading atau limpahan hujan saja.

"Tapi waktu juga tidak mungkin kalau lama. Seperti syarat radius area kumulus yang mencapai 7 kilometer," katanya.

Seperti diberitakan, pada video yang diunggah Febicil, terlihat jelas hujan dalam intensitas lebat masih menguyur rumah tersebut, tanpa mengguyur rumah lainnya. Guyuran hujan hanya mengenai sebagian ruas jalan yang ada di depan rumah.

Lihat videonya di bawah atau klik ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya