Menhub Sebut Uji Coba Transjabodetabek Tak Maksimal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai, uji coba sementara bus Transjabodetabek trayek Bekasi-Senayan di Jakarta kurang maksimal. Salah satu masalahnya ialah pengangkutan jumlah penumpang.

2 Bocah Main Petasan yang Memicu Kebakaran Gedung Serbaguna di Bekasi Ditangkap

"Saya sudah dengar peningkatan jumlah penumpang Transjabodetabek yang kurang maksimal. Kita harus cari solusi," katanya di sela-sela uji coba bus Transjabodetabek di Mega Bekasi Hypermall pada Selasa, 19 September 2017.

Menhub menjelaskan, sejak uji coba pada 7-20 September 2017, bus Transjabodetabek trayek Bekasi- Senayan dianggap hasilnya kurang maksimal. Sebab waktu tempuh perjalanan tak terukur pasti.

Ibu Kandung Tusuk Anaknya 20 Kali, Benturkan Kepala ke Dinding Tahanan

"Saat ini moda transportasi yang ada seperti Transjakarta maupun Transjabodetabek masih membutuhkan tambahan tiga moda transportasi untuk bisa sampai ke lokasi tujuan. Seharusnya cukup satu saja," ujarnya menambahkan.

Penilaian itu dianggap Budi setelah dia menjajal sendiri menggunakan taksi online dengan menempuh perjalanan Jakarta Selatan menuju Mega Bekasi Hyper Mal, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, via Tol Jakarta-Cikampek tanpa kawalan polisi, pada Selasa pagi. Penumpang, katanya, belum bisa memperkirakan waktu perjalanan dengan potensi kemacetan di atas rata-rata.

Ini Tampang Emak-Emak Pemilik Salon Oma Bekasi yang Jual ABG jadi PSK di MiChat

"Program inisiatif buat perjalanan Bekasi-Jakarta ternyata kurang maksimal karena masyarakat harus menggunakan moda transportasi lain. Misalkan, kendaraan pribadi menuju shelter bus Transjabodetabek dan kembali naik angkutan umum untuk bisa sampai ke Jakarta," katanya.

Menurut dia, perlu keterlibatan Pemerintah Provinsi DKI dan Pemerintah Kota Bekasi untuk mengembangkan trayek satu titik ke titik lain guna memangkas pemanfaatan moda transportasi. (mus)

Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024