Mulai Besok, Arus Lalu Lintas di Kawasan Antasari Dialihkan

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Antasari dan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, mulai Sabtu, 23 September 2017. Rekayasa ini dilakukan lantaran ada pekerjaan simpang susun Antasari. 

Ricuh di Antasari Buntut U-Turn Ditutup, Pak Ogah Ngamuk

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto mengatakan, rekayasa tersebut akan dilakukan di beberapa titik yang menjadi lokasi pembangunan simpang susun Antasari.

"Rekayasa lalu lintas itu berkaitan dengan pembangunan Simpang Susun Antasari atau pembangunan tol Depok-Antasari diperlukan pengaturan lalu lintas untuk hasil yang maksimal," ujar Budiyanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 22 September 2017.

Crowd Free Night Jakarta Diterapkan pada 11 Lokasi, Ini Rinciannya

Budiyanto menambahkan, lalu lintas dari Jalan Pangeran Antasari menuju Lebak Bulus yang biasanya melalui kolong jalan tol JORR akan dialihkan untuk belok kiri, melalui detour sisi timur dan berputar di U-turn Simpang Cilandak.

Pengalihan itu karena pembangunan tiang jembatan baru sisi Utara. Akibatnya, Jalan Antasari sisi timur yang mengarah ke Lebak Bulus ditutup. 

Volume Kendaraan Naik, Ganjil Genap Akan Berlaku pada 25 Titik Lagi

Sementara itu, lalu lintas dari Lebak Bulus menuju Jalan Pangeran Antasari dialihkan melalui detour sisi Barat atau depan Alamanda Tower yang dimulai dari jalan eksisting. 

Untuk Jalan Antasari sisi Barat yang mengarah ke Blok M akan ditimbun sebagai jalan detour atau pengalihan, saat jembatan sisi utara yang mengarah Kampung Rambutan dibongkar. 

Adapun lalu lintas dari Kampung Rambutan menuju Lebak Bulus yang awalnya menggunakan jembatan eksisting, akan dialihkan melalui jembatan baru sisi selatan. 

"Sedangkan lalu lintas dari Kampung Rambutan yang akan kembali lagi ke sana masih dapat melewati U-Turn Timur di bawah tol JORR," ujarnya.

Untuk jembatan eksisting Selatan yang mengarah ke Lebak Bulus, kata Budiyanto, akan dibongkar karena terkena pekerjaan Gate Tol. Jembatan pengganti di sisi Selatan dapat digunakan pada 24 September 2017.

Pembongkaran juga akan dilakukan di jembatan eksisting sisi Utara yang mengarah ke Kampung Rambutan. Pembongkaran itu karena pekerjaan Gate Tol dan jembatan pengganti di sisi utara dari jembatan eksisting. 

"Jadi 10 Oktober lalu lintas dari Lebak Bulus ke Kampung Rambutan biasanya menggunakan jalur eksisting Utara dialihkan melalui detour Alamanda Tower, lalu belok kanan jalan detour lalu belok kiri di Jalan TB Simatupang untuk menuju Kampung Rambutan dan belok kanan di bawah tol JORR menuju Lebak Bulus." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya