Nobar Film G30S/PKI Nyaris Merata di Depok

Nonton bareng G30S/PKI di Depok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Antusiasme warga Depok untuk menyaksikan film pengkhianatan G30S/PKI cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya gelaran nonton bareng (nobar) yang nyaris merata di sejumlah wilayah kota tersebut.

Fadli Zon Pamer Karikatur Kekejaman PKI Habisi Dewan Jenderal

Salah satu lokasi nobar yang terlihat dipadati warga adalah lapangan markas Batalyon Hubungan Angkatan Darat di Jatijajar, Tapos, Depok, Sabtu malam, 30 September 2017.

Di lokasi itu, warga yang antusias bahkan terlihat hingga ke luar pagar. Guyuran hujan dengan intensitas ringan tak menghalangi semangat warga untuk menyaksikan film yang sempat jaya di era Soeharto tersebut. 

Soal Nonton Film G30S/PKI, Ridwan Kamil: Kita Sedang Situasi COVID-19

Selain di markas TNI, nobar juga berlangsung merata di sejumlah wilayah di kota tersebut. Padahal tidak ada instruksi langsung dari Pemerintah Kota Depok.

"Instruksi langsung sih tidak, namun nampaknya antusias berbagai stakeholder di Depok untuk nobar film ini sangat tinggi. Ini harus kami syukuri," kata Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna pada wartawan.
 
Terkait hal itu, Pradi pun berharap film tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi para generasi muda. Pradi mengaku telah berulang kali menonton film ini.

Pesan Putra DN Aidit ke Presidium KAMI: Kalau Mau Nyapres Buat Partai

"Yang terpenting adalah kita tidak boleh melupakan sejarah negeri ini. Jadikan ini sebagai pembelajaran agar kita lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun VIVA.co.id, nobar film tersebut di antaranya berlangsung di Lapangan Divif 1 Kostrad Cilodong; Posko Terpadu Kampung Santri Lio Kecamatan Pancoran Mas; Kantor DPC PKS Beji, Pesantren Daarul Shafa Jalan Kesadaran 1, RT 02/05 Pondok Petir Kecamatan Bojongsari; dekat Taman Makam Pahlawan Kalimulya, Kecamatan Cilodong; di kawasan RT.01 RW.06, Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong; halaman Musala An-Nur, Rt 01/04 Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong; dan Lapangan Bulutangkis RT 01/06 Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong.
 
Kemudian lapangan serbaguna Rt.05/02, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong; lapangan Rt.03/05, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong; lapangan Yonhub Dithubad, Jatijajar, Kecamatan Cimanggis; markas DPC FPI Cimanggis, Kompleks Timah, Tugu Kecamatan Cimanggis; lapangan Nurul Fikri (eks SDIT NF); Jalan Situ Indah, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis; Bunderan PP Laguna, Jalan Radar AURI Kecamatan Cimanggis.
 
Lalu, Aula Masjid Al Huda, Kompleks Timah, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis; Balai Warga Sehati, Pondok Cibubur, Kecamatan Cimanggis; Perumahan Mekarsari Permai, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis; Perumahan Permata Depok, Jalan Berlian Raya, Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung; dan masih banyak lagi.

Ilustrasi GP30S/PKI

Pusat Studi Pancasila UGM Usul Sejarah G30S Diriset Ulang Mendalam

Buku pelajaran sekolah dinilai perlu merujuk ke riset bermutu tinggi.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2020