KPK Ungkap Modus Pemilik Mobil Mewah dan Moge Hindari Pajak

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi menyoroti soal tata kelola retribusi dan pajak daerah DKI Jakarta. Terutama, tentang banyaknya kendaraan mewah yang menunggak pajak.

Begini Hujatan Netizen ke Livy Renata, yang Dituding Beli Mobil Buat Ibunda dari Sumbangan

Menurut Komisioner KPK, Basaria Pandjaitan, kendaraan mewah menunggak pajak karena Pemprov DKI belum memiliki pola penagihan yang strategis dengan mempertimbangkan kemungkinan taktik cara penagihan. 

"Termasuk, yang namanya moge (Motor Gede) dan mobil-mobil mewah. Apakah semua itu sudah benar-benar bayar pajak?," kata Basaria, Rabu, 4 Oktober 2017.

Dituding Beli Mobil Mewah dari Hasil Donasi, Livy Renata: Tidak Khawatir

Basaria menuturkan, para pemilik mobil memiliki banyak cara untuk dapat menghindari membayar pajak. Dia yakin, modus-modus para orang kaya sebenarnya sudah diketahui Kepolisian.

"Saya yakin, modus-modus ini Polda sudah tahu. Misal memanfaatkan importir, daerah kepabeanan, ditemukan beberapa mobil mewah yang dipakai si A, tetapi belum atas nama si A (belum balik nama)," ujarnya.

Ramai Isu Livy Renata Belikan Mobil Mewah Buat Ibunya Hasil dari Open Donasi, Netizen: Ngemis Online

Apa yang dikatakan Basaria ini sebenarnya sudah pernah terbukti adanya. Bahkan, diketahui pemilik mobil mewah yang tak mau bayar pajak berasal dari kalangan pejabat dan artis.

Seperti diberitakan pada Rabu lalu, 23 Agustus 2017. Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, sedang aktif melakukan operasi dari pintu ke pintu terhadap para pemilik kendaraan mewah. Sebab, setidaknya ada sekitar 1.700 pemilik kendaraan mewah masih menunggak pajak.

Baru-baru ini, BPRD DKI mendatangi kediaman sejumlah aktris yang diketahui masih menunggak pajak kendaraan mewah, seperti Raffi Ahmad, Ahmad Dhani, dan Roro Fitria.

Kepala BPRD DKI, Edi Sumantri mengatakan, tak hanya ke sejumlah artis, pihaknya juga bakal mendatangi sejumlah kediaman pengusaha dan pejabat yang menunggak pajak kendaraan mewah.

"Beragam sebetulnya (yang menunggak pajak kendaraan mewah). Artis tidak terlalu banyak. Jadi, para pengusaha dengan nama perusahaan, para pejabat, para pengacara pun ada. Jadi beragam" kata Edi di Kantornya, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Baca: Selain Artis, Banyak Pejabat Nunggak Pajak Mobil Mewah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya