Lubang Tiang LRT di Menara Saidah Longsor

Lubang pancang LRT yang longsor di depan Menara Saidah.
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

VIVA.co.id – Tebing di lubang galian pondasi pembangunan tiang pancang proyek Light Rail Transit alias LRT di depan Gedung Menara Saidah, Pancoran, longsor. 

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Longsor terjadi pagi tadi, Jumat, 13 Oktober 2017. Tebing itu longsor akibat terkikis air hujan yang mengguyur wilayah Jakarta sejak kemarin, Kamis, 12 Oktober 2017.

"Mungkin kena hujan  Tapi itu cuma pagarnya saja, biar pihak LRT yang ngomong," kata Kepala Polsek Metro Pancoran, Komisaris Polisi M Hari Agung Julianto.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Menurut Agung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan longsor tidak mengganggu arus lalu lintas dan tidak berakibat fatal pada Gedung Menara Saidah. Sebab, tebing yang longsor hanya berada di area lubang tiang pancang yang berada di jalan. "Tetap terus (pembangunannya) itu kan longsor bukan gedungnya, bukan," ucapnya.

Sementara itu, Manajer Konstruksi Sipil Divisi Konstruksi Departemen LRT Jabodebek, Ery Satriadi mengatakan, saat longsor terjadi di lokasi sedang ada pengerjaan fondasi.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

"Enggak akan longsor menaranya. Pondasi menaranya kan  pondasi dalam. Itu lereng galian kita saja tergerus hujan karena tempatnya sempit sekali. Jadi, harus pembersihan ulang lagi sebelum cor fondasi," ucapnya.

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024