Tentukan UMP, Pemprov DKI Survei ke Lima Pasar Tradisional

Ilustrasi demo buruh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Untuk menentukan besaran Upah Minimum Pendapatan (UMP) Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Survei ini akan dilakukan di lima pasar tradisional di Ibukota, Jumat, 27 Oktober 2017.

Daftar Lengkap UMP 2024 di 32 Provinsi, Ini yang Tertinggi dan Terendah

Anggota Dewan Pengupahan dari unsur pengusaha, Sarman Simanjorang, memberi keterangan.

"Kesepakatan tadi, survei akan dilaksanakan besok Jumat, 27 Oktober 2017 di 5 pasar tradisional di lima wilayah DKI Jakarta," kata Sarman di Balai Kota, Kamis, 26 Oktober 2017.

UMP Lampung 2024 Cuma Naik 3,6 Persen, Pemerintah Dianggap Tidak Berpihak ke Buruh

Menurut Sarman, nantinya, survei akan dilakukan oleh tiga unsur yang tergabung dalam Dewan Pengupahan, yakni serikat pekerja, pengusaha, dan unsur dari pemerintah provinsi.

Menurut Sarman, unsur pengusaha sangat mendukung adanya survei tersebut. Walaupun terkait survei tidak diwajibkan dalam PP 78/2015 tentang pengupahan, tetapi untuk menghasilkan data yang objektif, survei ke lapangan perlu dilakukan.

UMP Sumut Hanya Naik 3,67 Persen, DPRD Desak Pemprov Kendalikan Harga Bahan Pokok

"(Mendukung survei dilakukan) walaupun memang tidak bisa dijadikan dasar untuk menetapkan UMP kalau kita mengacu pada PP No.78 tahun 2015 tentang pengupahan," ujarnya

Ilustrasi suasana Ibu Kota Jakarta sebagai pusat bisnis.

UMP dan UMK 2024 Cuma Naik Tipis, RI Akan Terlambat Jadi Negara Maju

Ekonom menilai rendahnya kenaikan upah minimum provinsi (UMP) upah minimum kota/kabupaten (UMK) di 2024 ini akan memperlambat Indonesia untuk menjadi negara maju.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023