Polisi: Pabrik Petasan Kosambi Tak Ada Pintu Darurat

Kebakaran Pabrik Kembang Api di Tangerang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Polisi menyatakan, bahwa kompleks pabrik petasan dan kembang api di kawasan Kosambi, Tangerang, Banten yang terbakar tidak dilengkapi pintu darurat. Hal itulah yang menyebabkan korban tewas dan luka begitu banyak karena para pekerja kesulitan keluar ketika terjadi kebakaran.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

“Gerbang depan cuma berhasil dilewati enam orang. Yang dibilang pintu darurat itu kita cek ternyata tembok yang mengelilingi pabrik, dan itu kita bongkar paksa,” kata Kepala Polres Metropolitan Tangerang, Komisaris Besar Polisi Harry Kurniawan, dalam program Indonesia Lawyers Club di tvOne pada Selasa malam, 31 Oktober 2017.

Menurut Harry, faktor penyebab banyaknya pekerja yang terjebak di gerbang depan bukan karena gerbang yang terkunci atau digembok. Faktanya, gerbang utama dalam kondisi terbuka.

Ditangkap Densus, Status PNS di Kabupaten Tangerang Tersangka Teroris

“Yang membuat (kebakaran) besar adalah ada kembang api yang sedang dijemur sebanyak seribu lima ratus kilogram. Itu tersambar dan membara di gerbang utama,” ujar Harry.

Mengenai kabar bahwa sebenarnya pabrik itu dilengkapi fasilitas keselamatan, seperti jalur evakuasi dan pintu darurat, polisi memastikan bahwa tidak ada pintu darurat. “Yang kita temukan tidak ada, hanya tembok yang mengelilingi pabrik.” (mus)

PNS di Kabupaten Tangerang Ditangkap Densus 88
Ilustrasi pemadam kebakaran.

Kebakaran di Pabrik Mesiu Rusia, Empat Orang Tewas

Kebakaran meletus di sebuah pabrik mesiu di kota Rusia Kotovsk, wilayah Tambov. Dalam insiden itu, telah menewaskan empat orang, dan melukai belasan orang lainnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2023