Anies Tak Mau Tim Gubernur Digaji Swasta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakil Guberur Sandiaga Uno saat serahkan RAPBD 2018 dalam rapat dengan DPRD.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprilio Akbar

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberi penjelasan terkait alokasi dana sebesar Rp28 miliar yang diusulkan pada RAPBD 2018 untuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Jumlah itu naik signifikan dari dana tahun 2017 sebesar Rp2 miliar. 

Anies Lagi Bahagia, Sang Istri Ulang Tahun dan Anak Lulus Kuliah di UI

Anies mengatakan, pihaknya akan menghentikan pembiayaan yang tidak menggunakan APBD untuk orang yang bekerja membantu Gubernur. Hal itu agar tidak ada konflik kepentingan. 

"Dengan didanai menggunakan APBD, maka jelas tidak ada ketergantungan kepada pihak luar. Anda bisa lihat nama-namanya siapa saja. Nanti hari ini TGUPP belum ada yang diganti, sama semua," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa 21 November 2017. 

Anies Diminta Evaluasi Car Free Day di Jakarta

Anies menjelaskan, seluruh anggota TGUPP nantinya akan digaji melalui APBD. Dia pun menegaskan komitmen para anggota TGUPP untuk mementingkan kepentingan masyarakat  

"Memang nampak mungkin menarik perhatian, namun inilah praktik good goverment. Inilah praktik tata kelola yang dijalankan dengan transparansi," ujarnya. 

Anies Kerahkan 2 Ribu ASN Awasi Warga Tak Disiplin saat PSBB Transisi

TGUPP sendiri dibentuk pada masa kepemimpinan mantan Gubernur Joko Widodo. Tim ini bertugas membantu kinerja dan menyampaikan kebijakan SKPD kepada gubernur dan wakil gubernur. TGUPP ditargetkan akan mendorong kinerja SKPD lebih cepat lagi.

Sementara itu, dasar hukum pembentukan TGUPP adalah Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 201 Tahun 2014 tentang Pengangkatan TGUPP yang ditetapkan 11 Februari 2014. (ren)

Anies Baswedan merubah 22 nama jalan di DKI Jakarta

Anies Ubah 22 Nama Jalan di DKI Jadi Nama Tokoh Betawi, Ini Daftarnya

Anies Baswedan resmi merubah 22 nama jalan di DKI Jakarta dengan nama-nama tokoh Betawi. Peresmian nama jalan ini dilakukan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babaka

img_title
VIVA.co.id
22 Juni 2022