Sandiaga Minta Warga Serahkan Bukti Pungli Tanah Abang

Kepadatan di kawasan Pasar Tanah Abang akibat para pedagang kaki lima yang memenuhi badan jalan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno berjanji akan menindak tegas temuan pungutan liar yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan oknum kelurahan terhadap pedagang kaki lima di kawasan Tanah Abang.

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

"Ada buktinya, serahkan ke saya," kata Sandiaga di Jakarta, Sabtu, 25 November 2017.

Sebelumnya lembaga pengawas administrasi Ombudsman RI telah melakukan investigasi terhadap praktik maladministrasi di kawasan pusat belanja Tanah Abang.

Dewas Jatuhi Sanksi Berat untuk Tiga 'Bos' Pungli Rutan KPK, Sekaligus Minta Maaf Secara Terbuka

Dari investigasi memang telah didapati sejumlah dugaan pelanggaran. Namun demikian, kata Sandiaga, meski temuan itu telah disampaikan ke Satpol PP dan dinas terkait, hal itu belum bisa dilakukan penindakan.

"Belum ada namanya, belum by name by address. Jadi masih dugaan-dugaan, walaupun ada videonya. Tapi kita face recognition-nya enggak nemu nih siapa namanya," kata Sandiaga.

KPK Periksa 19 Napi Korupsi soal Kasus Pungli Rutan, Usut Penggunaan Ponsel untuk Pesan Makan

Meski begitu, Sandiaga tetap memastikan akan menelusuri lebih dalam informasi itu. Ia pun mengaku akan memberikan tindakan tegas jika memang menemukan siapa yang kerap melakukan pungli di Tanah Abang.

"Kami berikan tindakan tegas, seberat-beratnya sesuai ketentuan dan peraturan dalam personalia di DKI," kata Sandiaga. (one)

Ilustrasi pungli.

Cegah Pungli di Tempat Wisata Selama Musim Mudik, Pemerintah Telah Siapkan Sanksi Tegas

Kemenparekraf telah menyiapkan platform Sisparnas. Platform tersebut akan menggambarkan secara real time di sejumlah destinasi untuk mencegah adanya pungli.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024