Kelompok Perempuan Ini Rentan Terhadap Kekerasan

Ilustrasi perempuan.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Counselling

VIVA – Tak sedikit kasus kekerasan pada perempuan terjadi di ruang publik di DKI Jakarta. Menurut sebuah survei yang dilakukan di tiga wilayah di Jakarta, terdapat beberapa kelompok wanita yang rentan menjadi korban kekerasan.

Areum Eks T-ARA Bongkar Sikap Buruk Suami

Survei yang dilakukan oleh UN Women Indonesia menemukan, bahwa beberapa jenis pekerjaan dan kelompok tertentu, rentan menjadi korban kekerasan. Salah satunya kelompok perempuan dengan disabilitas fisik atau mental.

Misalnya, perempuan dengan keterbatasan penglihatan atau disabilitas mental yang tidak mampu memahami apa yang terjadi pada mereka. Dari survei tersebut, banyak dari responden yang bercerita tentang orang-orang yang menggesek-gesekan badannya, berdiri terlalu dekat atau bahkan memamerkan kelaminnya.

Alami KDRT dan Dikhianati Jadi Alasan Areum Eks T-ARA Lakukan Percobaan Bunuh Diri?

"Dari Pemprov DKI, sudah banyak melakukan sosialisasi. Salah satunya, akan membuat launching hotline 112 untuk kanal pengaduan masyarakat berintegrasi dengan Kepolisian. Kita masih menunggu untuk mekanisme pasti dari pihak Kepolisian," ujar Kepala Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak DKI Jakarta, Margaretha Hanita, kepada VIVA.

Kemudian kelompok LBT atau lesbian, biseksual, dan transgender di Jakarta. Pelaporan terkait kasus kekerasan pada kelompok ini, cukup mengkhawatirkan. Seperti, pengalaman mereka yang mengalami kekerasan secara seksual dan fisik di tempat pemeriksaan di bandara.

Areum Eks T-ARA Dilarikan ke Rumah Sakit Setelah Melakukan Percobaan Bunuh Diri

Kemudian, kelompok perempuan lainnya yang juga rentan terhadap kekerasan adalah pekerja seks. Jenis pekerjaan mereka, membuat mereka rentan alami segala bentuk diskriminasi baik di jalanan, dengan petugas, di rumah sakit, serta dalam keluarga.

Adapun dari kelompok etnis yaitu perempuan keturunan Tionghoa di Jakarta, di mana menjadi etnis yang minoritas. Para responden mengaku, masih memiliki ketakutan akan kejadian kerusuhan di tahun 1998, yang berisiko pada kekerasan fisik dan seksual. (mus)

Areum eks T-ARA

Profil Areum Eks T-ARA, Karier hingga Alami KDRT dan Nyaris Akhiri Hidup

Nama Areum eks member T-ARA saat ini tengah menjadi perbincangan hangat di dunia jagat maya. Areum dikabarkan melakukan percobaan bunuh diri setelah alamai KDRT.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024