Jakarta akan Buat Sumur Resapan di 238 Lokasi Rawan Banjir

Pembuatan sumur resapan di kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVA – Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengungkapkan Pemerintah DKI Jakarta akan membangun sumur serapan di 238 titik di Ibu Kota guna mempercepat air meresap ke dalam tanah. Ini salah satu strategi mengantisipasi banjir di Jakarta. 

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

"Memang harus diubah pola berpikirnya, gimana bukan hanya menyalurkan air, tapi mengembalikan ke tanah dengan sumur-sumur resapan. Itu bagian dari impian kami nanti 50 tahun ke depan," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa 11 Desember 2017.

Menurut mantan pengusaha itu, sumur yang akan dibangun nantinya harus berukuran besar. Sebab, sekarang ini debit air hujan yang mengguyur di wilayah Ibu Kota sangat deras. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Untuk merealisasikan rencana itu, bagi Sandiaga, dibutuhkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Ia mengemukakan, sudah melakukan perbincangan dengan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) agar pembangunan itu terwujudkan. 

Saat ini, Pemprov DKI baru memiliki satu buah sumur serapan. Sumur tersebut berada di Masjid Al Barkah, Cipete Selatan, Jakarta Selatan.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Menurut Sandiaga, sumur tersebut berfungsi cukup efektif. Ia berharap di semua titik banjir sudah memliki sumur serapan, agar dengan mudah mengaliri air ke dalam tanah.

"Kalau itu bisa dibikin di 238 titik yang menjadi rawan sekali genangan itu yang sebenarnya bisa membantu," ujarnya. (ren)

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024