Sempat Jebol, Tanggul Jatipadang Mulai Diperbaiki

Tanggul Jati Padang jebol
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Tanggul di Kelurahan Jatipadang yang jebol akibat derasnya air mulai diperbaiki oleh petugas sekira 15 orang dari Sumber Daya Air (SDA) Pasar Minggu Jakarta Selatan.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Robi, selaku Administrasi Sumber Daya Air Kecamatan Pasar Minggu mengatakan, pengerjaan tanggul dilakukan agar air tidak mengalir dari saluran ke permukiman warga. 

"Jadi untuk sementara karena sifatnya darurat kami langsung buat tanggul dengan bahan materialnya kita pakai penahan kawat keronjong diisi batu kali," kata Robi kepada VIVA di lokasi, Jakarta, Sabtu malam, 16 Desember 2017. 

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Kata Robi, untuk pondasinya sementara menggunakan karung yang berisi pasir dan kayu dolken yang ditancapkan di samping tanggul tersebut.

"Kayu dolken ada 50 batang, fungsinya buat nahan," katanya menambahkan. 

Tinjau Korban Banjir Demak, Jokowi Ungkap Biang Keroknya

Sebenarnya untuk pondasi tanggul di RT 03 dan RW 04 Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu itu sudah dilakukan sebelumnya. Namun karena airnya deras di saluran  maka akhirnya tanggul jebol.

Ia berharap, dengan adanya pemasangan batu dan tumpukan pasir, area permukiman warga tidak terendam lagi. Diketahui, Musala Sabili yang berada di samping tanggul yang jebol sempat terendam sekira setengah meter.  (mus)

Petugas gabungan memasang bronjong mencegah banjir kali hek kramat jati

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

BPBD DKI Jakarta memasang bronjong atau tumpukan batu kali di Hek kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur untuk menangani limpasan air atau banjir di daerah itu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024