Puncak Mudik Natal, Penumpang Stasiun Gambir Tembus 18 Ribu

Situasi kepadatan penumpang di Stasiun Gambir.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Puncak arus mudik Hari Raya Natal 2017 terjadi Sabtu ini, 23 Desember 2017, di Stasiun Gambir, Jakarta. Kepala Stasiun Gambir, Rizki Afrida, menyampaikan hingga pukul 17.00 WIB, tercatat sudah ada 18.068 penumpang yang berangkat dari Gambir.

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Jumlah itu dianggap melonjak signifikan dari total jumlah penumpang pada Jumat kemarin, 22 Desember 2017. "Perkiraan puncaknya hari ini, karena masih ada beberapa kereta yang belum berangkat sampai nanti malam, di jam 23.45 WIB," ujar Rizki di Ruangan Kepala Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Menurut Rizki, ada 14 rangkaian kereta api tambahan yang dioperasikan khusus untuk melayani lonjakan penumpang. Dengan demikian, secara total ada 42 rangkaian yang beroperasi dari jumlah normal sebanyak 28 rangkaian. Jumlah penumpang saat libur Natal kali ini, juga disebut melonjak 40 persen dari jumlah di hari normal yang biasanya hanya berada di kisaran 8.000 hingga 10.000 penumpang.

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

Antisipasi

Sebagai antisipasi, selain menambah jumlah rangkaian kereta api, pihaknya juga melakukan penambahan personel pengamanan yang didatangkan dari Polsek Gambir, serta personel kesehatan dari Dinas Kesehatan DKI. Pihak Stasiun Gambir juga memberi penambahan jumlah kursi tunggu, ruang tunggu VIP, serta perbaikan fasilitas umum yang dilakukan sebelum lonjakan penumpang terjadi.

Libur Natal dan Tahun Baru, Mobil Ini Dilarang Lewat Jalan Tol

"Berkat antisipasi itu, hingga hari ini semuanya lancar, tidak ada kejadian menonjol. Layanan loket, self printing tiket, hingga keberangkatan kereta lancar," ujar Rizki.

Sementara itu berdasarkan pantauan VIVA, situasi Stasiun Gambir ramai dan tertib di kedua pintu, Selatan dan Utara. Situasi ruang tunggu penumpang juga nyaman, tidak terlihat ada calon penumpang yang berdesakan. Kursi-kursi tunggu, tempat-tempat makan, hingga tempat-tempat parkir secara umum terlihat lebih penuh dari biasanya.

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021