Jelang Malam Natal, 234 Ribu Mobil Tinggalkan Jakarta

Pantauan kemacetan di Tol Cikampek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA - Jelang malam Natal dan libur Tahun Baru, warga Jakarta berbondong-bondong balik ke kampung halaman dan menuju tempat wisata untuk menghabiskan waktu libur panjangnya. Oleh sebab itu, beberapa ruas jalan Tol pun mulai dipadati kendaraan hingga siang ini, Minggu, 24 Desember 2017.

Pesan Natal Jokowi: Jangan Berhenti Bekerja di Ladang Tuhan

Menurut data Jasa Marga, volume kendaraan yang menuju arah Cikampek via Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama semakin hari terus meningkat. Tercatat sejak Kamis sampai H-2 Natal yakni pada Sabtu 23 Desember 2017 jumlah kendaraan naik empat persen jadi 234 ribu mobil dari kondisi normal yang hanya 225 ribu.

Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan pada Kamis, 21 Desember, ada 68 ribu kendaraan belum menunjukkan arus mudik yang signifikan. Kata dia, karena jumlah ini masih turun 4,69 persen dibandingkan lalu lintas normal yang biasanya dilewati 72 ribu kendaraan.

Ibadah Natal Pertama Mosul Usai Bebas ISIS, Dihadiri Muslim

Sedangkan di hari selanjutnya, Jumat, 22 Desember, Jasa Marga memprediksi akan jadi puncak arus mudik Natal 2017. Hal itu terbukti dari 80 kendaraan yang melintas dan itu meningkat dari hari biasanya. Kata dia, tentu jumlah kendaraan tersebut naik hingga 3,62 persen dibandingkan lalin normal yang hanya 78 ribu kendaraan.

Pun pada Sabtu, 23 Desember, yang tercatat peningkatan kendaraan ke arah Cikampek yaitu sebanyak 84 ribu kendaraan, naik 13,05 persen dibandingkan lalin normal 75 ribu kendaraan. Oleh sebab itu, Heru memprediksi akan ada peningkatan kendaraan lagi pada Minggu, 24 Desember.

Jokowi Hadiri Perayaan Natal di Pontianak

"Hari ini kami prediksi masih terjadi peningkatan volume lalu lintas pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, sekitar 78 ribu kendaraan diprediksi akan melintas atau meningkat 30 persen dari volume lalu lintas normal sebesar 60 ribu kendaraan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima VIVA, Minggu, 24 Desember 2017.

Maka dari itu, Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan, selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi. Untuk memastikan kelancaran perjalanan, Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. (ase)

Telkomsel mempermudah jaringan pada libur Natal dan Tahun Baru.

Tahun Baru, Telkomsel Jabotabek Alami Lonjakan Trafik

Total pemakaian mencapai 465 TB.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2018